Mengenal lebih dalam tentang pengawasan manajemen oleh Aisyah Najah
NIM : 211010200533
Kelas: 01SAKP008
Seperti yang telah diketahui pada setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan, untuk mencapai tujuan tersebut setiap perusahaan harus selalu memastikan apakah cara untuk mencapai tujuannya itu sudah berjalan baik atau belum. Dan oleh karena itu sangat penting bagi sebuah perusahaan/bisnis mengenal lebih dalam Pengawasan manajemen. Tapi sebelumnya apa sebenernya arti dari pengawasan itu sendiri?
*ARTI PENGAWASAN MANAJEMEN*
Pengawasan Manajemen itu sendiri didefinisikan sebagai suatu proses untuk menetapkan suatu kinerja seorang karyawan dan pengambilan tindakan untuk menyokong nya hasil yang telah diharapkan.
*FUNGSI PENGAWASAN MANAJEMEN*
fungsi pengawasan  adalah sebuah upaya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan pada sebelumnya.
Setelah memahami apa itu pengawasan manajemen, maka perusahaan atau bisnis perlu mengetahui faktor apa saja yang harus dikoreksi demi tercapainya tujuan tersebut.
Faktor Pengawasan Manajemen:
1. Perubahan yang akan terjadi dari luar dan dalam organisasi
2. Kompleksitas dari sebuah organisasi yang memerlukan pengawasan dikarenakan adanya desentralisasi kekuasaan
3. Kesalahan yang telah dilakukan oleh para anggota organisasi yang memerlukan pengawasan
Didalam berjalannya proses pengawasan manajemen yang dimulai dari program sedang dilaksanakan hingga program itu selesai. Pastinya ada beberapa tujuan mengapa dilaksanakannya pengawasan manajemen, yaitu sebagai berikut
*TUJUAN PENGAWASAN MANAJEMEN*
1. Untuk menjadikan pelaksanaan dan hasil kegiatan apakah sudah sesuai rencana dan tujuan
2. Untuk memecahkan masalah
3. Untuk mengetahui apakah ada penyimpangan pada pemahaman staf didalam melaksanakan tugasnya
4. Untuk mengetahui sebab terjadinya suatu penyimpangan
5. Untuk mengetahui staf yang perlu di berikan sebuah penghargaan, di promosikan atau diberikan pelatihan lanjutan
Selain itu juga, pasti ada faktor faktor yang mempengaruhi penyimpanan dalam pengawasan manajemen.
*Faktor-faktor penyimpangan yang ada di dalam pengawasan manajemen"
1.Perubahan yang terjadi pada lingkungan organisasi
2.Peningkatan pengawasan pada organisasi
3.Kesalahan yang sering terjadi
4.Kebutuhan seorang manajer untuk mendeglasikan wewenang
Â
Setelah menganalisis lebih dalam dasar dari pengawasan manajemen. Jika sebuah perusahaan/ bisnis ingin menetapkan standar pelaksanaan kegiatan usahanya agar mencapai tujuan yang diharapkan, maka secara idealnya perencanaan yang dibuat harus lengkap dan jelas.
*contoh soal kasus*
PT. JAYA SINAR ABADI mendapatkan peningkatan hasil penjualan ditahun ini di bandingkan dengan tahun yang lalu.
Namun standar umum yang dipakai perusahaan dalam "peningkatan" tidak mampu untuk menghadirkan tujuan yang lebih jelas pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, untuk menetapkan suatu standar yang lebih spesifik dalam kata 'peningkatan', maka tujuan perusahaan akan lebih mudah dan cepat di capai.
Misalnya, perusahaan tersebut menetapkan standar "peningkatan bertambah 35%", maka hasil pencapaian nya dapat lebih jelas. Jika tahun yang lalu angka penjualannya berada di 2000 maka tahun ini angka penjualannya harus 2700.