Sehari-hari kita menggunakan google atau platform mesin pencari lain untuk mencari informasi. Kadang kita juga mendapatkan informasi dari platform medsos yang juga buatan asing seperti facebook, tiktok, youtube dan sebagainya.
Informasi yang kita dapatkan akan menjadi landasan kita dalam mengambil keputusan. Masalahnya apakah informasi yang kita dapatkan selalu akurat?
Pada acara grand launching pemimpin redaksi Promedia yang berlangsung 14 Februari 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengeluhkan tentang informasi yang tidak akurat atau berlebihan dalam memberitakan bencana atau kondisi alam.
Sandiaga menyatakan pada lebaran 2023, banyak sekali wisatawan batal melaksanakan piknik karena santernya berita tentang ancaman hujan lebat dan angin  kencang yang menimpa Indonesia pada saat lebaran.
Padahal yang terjadi adalah adanya gangguan hujan hanya di kawasan Pantura, tetapi wisatawan di luar pulau Jawa juga merasa tidak nyaman bepergian akibat informasi yang masif tentang cuaca buruk itu.
Demikian juga beberapa tahun lalu ada bencana gunung Agung meletus di Bali, beritanya begitu santer hingga mempengaruhi wisatawan yang akhirnya membatalkan datang ke Bali. Wisatawan masih takut ke Bali bahkan setelah beberapa bulan dari peristiwa letusan gunung Agung.
Kita bandingkan dengan bagaimana wartawan Turki menyiarkan gempa yang selalu menjelaskan lokasi gempa jauh dari ibukota. Artinya wisatawan bisa tetap ke Turki, karena banyak lokasi yang sangat aman untuk dikunjungi.
Dalam banyak hal, masyarakat Indonesia, khususnya wartawan, terlalu lugu saat membuat berita. Ingin memberitakam sebuah peristiwa sebanyak mungkin tapi melupakan dampaknya.
Yang saya maksud adalah dampaknya bagi Indonesia Tanah Air yang kita tempati ini.
Mengutip Agus Sudibyo dari Dewan Pers, platform seperti facebook dan google sudah mulai kesulitan mengendalikan mesin yang mereka buat sendiri. Â Algoritma mesin pencari kadang tidak bisa mendeteksi berita baik dan buruk bagi pembacanya. Pemasangan iklan salah sasaran dan banyak pengguna jadi kecewa.
Algoritma sendiri diharapkan bisa menghubungkan informasi satu dengan lainnya agar relevan dengan pembacanya. Arah algoritma  pada akhirnya sangat tergantung dari informasi apa yang kita masukan ke dalam platform mesin pencari.