Mohon tunggu...
Rifvani Vero Rilmauli Gupti
Rifvani Vero Rilmauli Gupti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Hubungan Masyarakat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Humas PT Krakatau Pipe Industries dalam Kegiatan Publikasi Upaya Membangun Citra Korporat

10 Juni 2024   19:00 Diperbarui: 10 Juni 2024   21:22 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PT Krakatau Pipe Industries (KPI) merupakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara PT Krakatau Steel. KPI bergerak pada manufaktur produksi pipa baja, KPI juga mensuplai proyek-proyek besar baik dalam sakala nasional maupun internasional. Dalam upaya menjaga eksistensi dan menciptakan citra positif perusahaan agar KPI mampu bersaing dengan kompetitornya, humas KPI aktif dalam mempublikasi segala kegiatan yang mampu membentuk reputasi positif perusahaan di mata publik. Hal ini, dilakukan baik melalui media sosial resmi KPI seperti Instagram dan twitter serta melalui website resmi perusahaan. Humas sendiri merupakan usaha yang memiliki rencana dan berkesinabungan yang bertujuan untuk menciptakan dan menjaga hubungan baik serta saling pengertian antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya (Georgy, 2005). Secara umum terdapat lima fungsi humas, sebagai berikut (Eisyah, 2017):

  • Menjadi communicator atau jembatan antara perusahaan dengan publiknya;
  • Membina hubungan yang baik dan positif serta saling menguntungkan antara perusahaan dengan publiknya;
  • Peranan Back Up Management, sebagai pendukung dalam fungsi manajemen Lembaga.
  • Membentuk Corporate Image, yang mana humas berupaya menciptakan citra maupun reputasi positif bagi perusahaannya.

Segala fungsi yang dijalankan humas tersebut direalisasikan dengan menjalankan kegiatan-kegiatan kehumasan, salah satu kegiatan kehumasan adalah publikasi. Publikasi merupakan upaya seorang humas untuk membagikan serta menginformasikan kegiatan perusahaan kepada khalayak luas. Humas KPI dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan aktif mempublikasikan kegiatan dan menginformasikan baik melalui artikel yang diunggah melauli website perusahaan maupun Instagram resmi perusahaan.

KPI eksis berkontribusi dalam proyek-proyek besar dalam skala nasional maupun internasional. Dalam skala nasional KPI terlibat dalam suplai pipa baja pembangunan strategis Ibu Kota Nusantara, hal itu menjadi headline berita menarik bagi humas KPI untuk menuliskan artikel mengenai pencapaian kerja dari KPI sendiri. Tidak hanya itu, proyek strategis nasional maupun kerja sama dengan BUMN lainnya pun menjadi bahan pemberitaan bagi humas KPI, contohnya seperti pemberitaan KPI yang menyuplai pipa pancang Pelabuhan Batang, kontribusi KPI dalam pembanguna Jakarta International Stadium, menyuplai proyek pembangunan pipa gas Senipah-Balikpapan, dan lain sebagainya.

Humas KPI tidak hanya mengunggah pemberitaan mengenai proyek-proyek yang sedang diprkasai oleh KPI, tetapi juga mengunggah kegiatan perusahan berupa Corporate Social Responsibility (CSR). Aktivitas CSR merupakan tanggung jawab perusahaan untuk dapat memberikan dampak positif kepada komunitas, masyarakat, lingkungan, stakeholder, dan lain sebagainya di luar kegiatan bisnis perusahaan. KPI tidak luput untuk berkontribusi di mmasyarakat melalui program-program CSR dalam bidang sosial yang diusung seperti Safari Ramadhan dengan membagikan 1000 paket sembako dan mudik gratis pada warga Cilegon, lalu pendistribusian zakat di Kota Cilegon, dan lain sebagainya. Selain itu, KPI pun berkontribusi ppositif dalam aspek lingkungan yakni penanaman pohon dalam rangka ulang tahun KPI ke-52. Segala bentuk aktivitas CSR yang dilakukan oleh KPI aktif dipublikasi oleh humas KPI melalui unggah feed Instagram @krakataupipe, tidak hanya berupa unggahan foto saja humas KPI pun menambahkan informasi kegiatan CSR berupa tempat, pelaksanaan, sasaran kegiatan, dan lain-lain melalui caption posting-an Instagram.

Humas KPI memanfaatkan media digital seperti platform Instagram dan website perusahaan untuk mengunggah artikel dan segala kegiatan PT KPI. Dalam kegiatan publikasi humas KPI sangat aktif dan selalu memperbaruhi informasi serta menginformasikan progres setiap proyek yang sedang ditangani. Dengan kegiatan publikasi yang dilakukan oleh humas KPI dapat membentuk reputasi perusahaan karena perusahaan dianggap tranparan dengan segala aktivitasnya. Selain itu, publikasi mengenai kerja sama atau menjadi bagian dari proyek strategi nasional dapat menggait perusahaan lain yang ingin membangun kerja sama. Kegiatan publikasi yang dilakukan oleh humas memiliki dampak bagi perusahaan baik di mata customer maupun masyarakat dan komunitas sosial. Hal ini karena, pemuatan artikel-artikel yang positif dan aktif dapat membentuk reputasi atau citra perusahaan yang baik pula di depan publik. Maka dari itu, praktisi humas pada suatu perusahaan sangat penting memiliki kemampuan dalam menulis berita atau artikel karena di era saat ini media sosial dan website perusahaan dapat membentuk impresi publik mengenai gambaran dari perusahaan tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun