Mohon tunggu...
Muhammad Rifqi Setiawan
Muhammad Rifqi Setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UNTAG Melakukan Pelatihan Meningkatkan Minat Beli Konsumen Menggunakan Katalog Produk

16 Juni 2023   21:14 Diperbarui: 16 Juni 2023   21:32 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 10 Juni 2023- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap memasuki semester 6. Pada kegiatan KKN semester ini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan KKN yang berbeda pada 2 tahun belakangan, dimana pada 2 tahun belakangan KKN dilasanakan secara individu di daerahnya masing-masing dikarenakan Covid-19 yang terus meningkat. Pada semester ini dilaksanakannya KKN yang berlokasi di Desa Kedungpeluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo di mulai pada tangal 13 Mei 2023 sampai dengan 18 Juni 2023 dengan mengangkat sub tema "Inovasi Meningkatkan Efektivitas Branding Produk" dengan judul "Pelatihan Meningkatkan Minat Beli Konsumen Menggunakan Katalog Produk".Desa Kedungpeluk merupakan satu-satunya desa pesisir di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Letak Desa ini berada di bagian paling timur Kecamatan Candi. Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Kalipecabean di sebelah barat. Di sebelah utara dan timur, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Gebang. Sementara di sebelah selatan, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Banjarpanji. Penduduk Desa Kedungpeluk terutama bekerja sebagai petani tambak dengan komoditas utama berupa ikan dan udang air payau. Pekerjaan lain yang juga ditekuni oleh penduduk Desa Kedungpeluk yaitu sebagai pengolah hasil perikanan khususnya bandeng dan pembuatan kerupuk ikan.Berdasarkan hasil survey di lokasi, temuan masalah yang ada di Desa Kedungpeluk ialah kurangnya pemahaman warga bagaimana cara untuk memperkenalkan produk olahan  kepada konsumen baru. Belum adanya Katalog Produk sebagai promosi bisnis produk olahan UMKM dan alat pemasaran  yang efektif pada digital marketing. Maka dari itu pengembangan beanding produk olahan ikan yang akan dipasarkan, dengan membuat katalog produk guna menjadikan daya minat konsumen dan mempermudah pengenalan produk. Hal ini searah dengan kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2023 yang mengusung tema" Penguatan Ikon Kampung Berbasis Potensi Lokal ". Maka dari itu cara yang dilakukan untuk membantu mempromosikan UMKM yaitu melalui katalog produk. Pembuatan katalog produk bagi para UMKM guna memperluas pengenalan identitas terhadap konsumen baru. Baik di offline maupun di sosial media.

Selepas berlangsungnya KKN yang dilaksanakan di Desa Kedungpeluk, diharapkan benar-benar bisa menjadi sebuah terobosan dalam mempromosikan UMKM desa dan berdampak positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun