Anda adalah seorang pengguna aktif Instagram. Kegiatan Anda hampir seluruhnya berkutat pada media sosial. Bisa dibilang, Anda adalah seorang digital marketer, yakni melakukan aktivitas promosi di media sosial termasuk Instagram. Jika Anda adalah seorang digital marketer yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran, Anda sebaiknya mengetahui cara menghitung engagement di Instagram. Sebelumnya, Anda harus memahami dulu apa itu engagement rate di Instagram.
Bisa dikatakan bahwa engagement rate adalah metrik standar yang dimanfaatkan digital marketer untuk mengukur hasil dari suatu konten. Nah, cara ini sudah banyak digunakan para digital marketer yang memang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran. Hal yang terpenting ketika menggunakan engagement rate adalah interaksi, intimasi, tingkat keterlibatan, hingga pengaruh audiens terhadap suatu brand atau merek di Instagram. Dengan memanfaatkan hal ini, Anda juga bisa lebih mudah mengetahui tentang performa akun Instagram Anda yang Anda jadikan sebagai media promosi. Jadi, bagaimana cara menghitung engagement rate akun Instagram Anda? Berikut adalah cara mudah menghitung engagement Instagram untuk Anda.
Hitung Engagement Rate Berdasarkan Reach
Seorang digital marketer tidak mungkin men-setting instagramnya secara privat, sudah pasti publik. Hal itulah yang menentukan apakah postingan kita akan dilihat oleh followers saja atau bisa juga dilihat oleh orang yang bukan followers kita. Nah, hal itulah yang dimaksud dengan audiens dan user unik yang melihat konten yang Anda unggah.
Untuk itu, menghitung Engagement Rate berdasarkan Reach tidak hanya menghitung dari banyaknya jumlah view dari followers saja, tetapi juga menghitung view dari non-followers. Lalu, rumus untuk menghitung dengan cara ini adalah sebagai berikut:
ER = Jumlah engagements per post / reach per post X 100.
Akan tetapi, hasil penghitungan Engagement Rate berdasarkan reach ini tidak tetap, dan sering berubah karena dipengaruhi angka reach pada postingan. Dengan cara ini, Anda bisa menghitung dan tahu berapa jumlah non-followers Anda yang melihat konten Anda.
Hitung Engagement Rate Berdasarkan Post
Untuk rumus yang kedua ini, Anda harus mengecek terlebih dahulu angka reach post di Insight Instagram Anda. Hal ini hanya diperlukan untuk Anda yang akun Instagramnya memiliki angka reach post yang tidak stabil atau sering naik dan turun. Setelah Anda mengecek angka reach post di Insight Instagram dan mendapatkan angka yang tetap, mari ikuti cara berikut ini:
ER = jumlah engagements on post / jumlah followers X 100.
Dengan menggunakan cara menghitung engagement rate berdasarkan post, Anda akan mendapatkan hasil angka yang lebih stabil. Namun, penerapannya tidak dapat digunakan untuk konten atau postingan yang viral atau memiliki angka reach yang tinggi.
Hitung Engagement Rate Berdasarkan Impressions
Impresi merupakan jumlah konten yang Anda unggah muncul di layar pengguna Instagram. Nah, engagement rate bisa dihitung berdasarkan impresi. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mencari data impresi melalui Insight Instagram Anda. Lalu, rumus menghitung engagement rate ini sebagai berikut:
ER = jumlah engagement on post / jumlah impression X 100.