Adanya pandemic covid 19 sangat berdampak pada segala aspek, terlihat lebih nyata dilingkungan sekitar terdapat banyak wirausaha yang terdampak, mulai dari usaha skala besar hingga usaha kecil-kecilan. Perlu adanya banyak penanganan khusus untuk bertahan di masa pandemic. Adanya program kerja yang dijalankan diharapkan dapat memberi impact yang baik bagi pelaku usaha dan lingkungan sekitarnya. Program kerja mahasiswa KKN di Desa Sanenrejo kali ini dapat menaikkan penjualan pelaku usaha yang terdampak covid dengan melakukan inovasi produk serta perluasan pasar untuk meningkatkan penjualannya melalui promosi online.
Promosi online yang dilakukan juga disesuaikan dengan sumber daya manusia yang ada. Karena dilingkungan desa dan pelaku yang kurang mampu mengelola promosi online, dilakukan pelatihan dan pendampingan dengan akun yang dapat dijangkau oleh pelaku usaha. Pendampingan dilakukan dengan membuat akun facebook secara khusus untuk produk yang akan ditawarkan di fitur marketplace. Tujuan produk ditawarkan sebagai bentuk promosi perluasan pasar dikarenakan produk sasaran merupakan produk jajanan basah. Di dalam penawaran memuat deskripsi jajanan serta lokasi usaha untuk mempermudah penyerapan informasi produk kepada pembaca atau pengunjung. Terdapat cara untuk mengunjungi lokasi usaha dengan mengunjungi laman https://g.co/kgs/TwVBe6
Hal-hal yang dilakukan pada KKN ini yaitu diawali pendekatan dengan pelaku usaha, berkunjung dan mendampingi untuk saling belajar. Pengenalan packaging, branding, promosi secara online dan manajemen keuangan usaha dengan pelaku usaha cukup berdampak baik untuk perkembangan usaha sasaran. Diharapkan dengan terlaksananya program kerja ini dapat dijalankan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan pelaku usaha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H