Mohon tunggu...
Rifatu Fadillah
Rifatu Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

jangan takut untuk mencoba

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teknik Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

3 November 2021   13:33 Diperbarui: 3 November 2021   13:41 1402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknik Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Evaluasi umumnya dijadikan sebagai landasan atau keputusan, merancang kebijakan ataupun memprogram kegiatan. Dimana evaluasi ini untuk menentukan lanjut atau tidaknya suatu pembelajaran dan kegiatan yang berlangsung. Evaluasi tidak hanya mencangkup penilaian namun terdapat proses dan teknik didalmnya. Namun evaluasi ini sangat perlu karena evaluasi ini dijadikan sebagai proses pembelajaran dan  pengelolaan lembaga.

Teknik evaluasi pembelajarana anak usai dini didalamnya mencangkup ragam teknik evaluasi yaitu berupa tes dan non tes.

Adapun teknik Non-Tes

  • Observasi
  • Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengamati tingkah laku para siswa dengan situasi ataupun keadaan tertentu.
  • Jenis -- jenis observasi dalam teknik non-tes yaitu sebagai berikut :
  • Partisipan, dalam hal ini pendidik menjadi bagian dari suatu kegiatan
  • Non- partisipan, sebaliknya dalam jenis ini seorang pendidik tidak terdapat di dalam bagian suatu kegiatan nya.

  • Bentuk observasi
  • Ada beberapa macam bentuk observasi dalam teknik evaluasi diantaranya sebagai berikut :
  • Catatan harian
  • Anekdot record
  • Penilaian ( asesmen ) performance
  • Penilaian ( asesmen ) sikap dan perilaku

  • Tujuan observasi
  • Observasi memiliki tujuan yaitu :
  • Untuk mengumpulkan sebuah data dan informasi yang mencangkup suatu fenomena atau peristiwa.
  • Dapat mengukur perilaku atau kejadian di dalam kelas, meliputi interaksi atau komunikasi peserta didik, dan factor yang dapat diamati langsung oleh pendidik, terutama dalam kecakapan sosial.

  • Kelebihan dan kelemahan observasi
  • Adapaun kelebiihan dari observasi dianataranya dapat dilakukan secara lamngsung, peristiwa yang diamati bersifat nyata, bebas, dan mencangkup banyak aspek.
  • Sedangkan, kelemahan dari observasi itu sendiri adalah membutuhkan skill khusus, dipengaruhi prespsi kepribadian observer dan kopetensi, membutuhkan data pendukung lain dan membutuhkan catatan peristiwa atau kejadian secara langsung.

  • Wawancara
  • Dalam teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan ataupun percakapan dengan sumber informasi yang di dapatnya.

  • Jenis wawancara
  • Terdapat jenis wawancara dalam teknik evaluasi pembelajaran anak usia dini diantaranya sebagai berikut :
  • Wawancara terstuktur atau bias disebut dengan wawancra formal dimana kegiatan ini dilakukan untuk mengali informasi dimana pertanyaan ditanyakan dengan urutan pertanyaan yang telah disiapkan
  • Wawancara tidak terstuktur yaitu wawancara dilakukan dengan bebas tanpa menggunakan urutan pertanyaan yang telah di susun
  • Wawancara bebas mendalam, kegiatan ini dilakukan dengan mendalam, bebas dan terbuka dalam masalah dan fokus dengan penelitian yang akan ditanyakan
  • Wawancara bebas, dalam hal ini pewawancara bebass menanyakan apa saja ke narasumber

  • Bentuk wawancara
  • Konseling tertutup
  • Konseling terbuka
  • Formal
  • Informal
  • FGD (focus group discussion)

  • Kelebihan dan kelemahan wawancara
  • Kelebihan dari wawncara dalam teknik evaluasi pembelajaran anak usia dini yaitu yang didapat dari sumbernya langsung, sumber perbaikan pembelajaran, mengali pemahaman dan respon
  • Sedangkan kelemahan nya yaitu kegiatan ini membutuhkan waktu luas, membutuhkan keterampilan teknis, dan membutuhkan keterampilan sosial

  • Angket
  • Dalam teknik ini pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengajukan suatu pertanyaan yang tertulis.
  • Jenis angket
  • Angket tertutup, angket yang disajikan dengan sedemikian rupa sehingga responden harus memilih salah satu jawaban yang telah di tuliskan
  • Angket terbuka, disajikan dengan sedemikian rupa sehingga responden dapat mengisi isian dengan sesuai keinginannya
  • Angket semi terbuka

  • Kelebihan dan kekurangan angket
  • Kelebihannya anget bias didapatkan dari sumber nya langsung, sumber perbaikan pembelajarana, mengali respond dan pemahaman dan terukur.

  • Sedangkan kekurangan dari angket tersebut adalah informasi terbatas, sulit diterapkan pada anak, dan kebanyakan wali murid tidak mau mengisi dengan detail.

  • Dokumentasi
  • Dalam pengumpulan data dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini dapat mengumpulkan berupa dokumen baik tertulis maupun berupa gambar.

  • Adapun jenis dokumentasi yaitu : tertulis, hasil karya dan foto. Sedangkan bentuk dokumentasi itu berupa data diri, catatan kesehatan, rekaman perilaku, rekaman prestasi, portofolio, dan laporan
  • Sosiometri

  • Teknik sosiometri ini cara pengumpulan data nya untuk menelaah struktur hubungan sosial diantara siswa saat di dalam kelas maupun di sekolah.
  • Kegunaan sosiometri itu sendiri dapat kita lihat sebagi berikut :
  • Mengembangkan penyesuaian sosial siswa secara individu
  • Mengembangkan struktur sosial kelompok siswa
  • Mempelajarai efek kegiatan sekolah kepada siswa
  • Mempelajari kualitas kepemimpinan dalam berbagai informasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun