Mohon tunggu...
Rifal Fal
Rifal Fal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Saya Bermain Bersama Kuda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Sosial

16 Oktober 2024   08:17 Diperbarui: 16 Oktober 2024   08:23 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERKEMBANGAN SOSIAL

Apa Itu Teori Jean Pieget dan Lev Vygotsky
Teori Jean Piaget dan Lev Vygotsky merupakan dua pendekatan penting untuk memahami perkembangan anak dalam kehidupan sosial. Piaget menekankan pentingnya peran pengalaman langsung dalam pembentukan kognisi anak, sedangkan Vygotsky menekankan pengaruh lingkungan sosial terhadap perkembangan anak.
Teori perkembangan sosial
Teori perkembangan sosial yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky dan Jean Piaget memiliki perbedaan dan persamaan dalam beberapa hal, di antaranya:
Peran pengalaman
Piaget menekankan pentingnya pengalaman langsung dalam pembentukan kognisi anak, sedangkan Vygotsky menekankan pengaruh lingkungan sosial.
Cara anak membangun pengetahuan
Piaget percaya bahwa anak-anak membangun pengetahuan sebagai individu, sedangkan Vygotsky percaya bahwa anak-anak mengembangkan pengetahuan melalui situasi sosial dan budaya masing-masing.
Peran bahasa
Vygotsky menyatakan bahwa bahasa adalah salah satu alat budaya utama, yang dapat digunakan untuk komunikasi dan transmisi pengetahuan. Sedangkan Piaget mengatakan bahwa bahasa secara pasif mencerminkan tingkat perkembangan anak saat ini.
Peran pikiran dan bahasa
Vygotsky menyatakan bahwa pikiran dan bahasa keduanya dimulai sejak awal perkembangan, tetapi keduanya pada awalnya merupakan fungsi terpisah. Sedangkan Piaget mengatakan bahwa pikiran muncul lebih dulu dan bahasa berkembang sebagai hasilnya.
Teori Vygotsky juga mengemukakan konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) yang menyatakan bahwa potensi setiap anak tidak dapat dipisahkan dari orang-orang di sekitarnya. Dari teori Vygotsky juga lahir strategi pengajaran bernama Scaffolding, yang melibatkan pemberian dukungan dan bimbingan dalam ZPD anak.
Peran penting dalam teori Vygotsky dalam proses pembelajaran

Vygotsky berpendapat bahwa proses belajar akan terjadi secara evisien dan efektif apabila anak belajar secara kooperatif dengan anak-anak lain dalam suasana dan lingkungan yang mendukung (supportive), dalam bimbingan seseorang yang lebih mampu, guru atau orang dewasa.

Apa saja empat prinsip teori Vygotsky

Vygotsky mengklaim bahwa kita dilahirkan dengan empat 'fungsi mental dasar': Perhatian, Sensasi, Persepsi, dan Memori. Lingkungan sosial dan budaya kitalah yang memungkinkan kita menggunakan keterampilan dasar ini untuk mengembangkan dan akhirnya memperoleh 'fungsi mental yang lebih tinggi

Apa saja yang mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak?
Hasilnya bahwa Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak RA antara lain: Faktor Hereditas/Keturunan, Faktor Lingkungan, Faktor Kematangan, Faktor Pembentukan, Faktor Minat dan Bakat, dan Faktor Kebebasan
Apa inti teori Piaget dan Vygotsky?
Teori Piaget mengemukakan bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan melihat orang-orang di sekelilingnya. Sedangkan, Vygotsky berpendapat bahwa seseorang harus ditunjang dengan interaksi sosial agar dapat berkembang.
Apa faktor terpenting yang mempengaruhi perkembangan kognitif menurut Vygotsky terutama pada anak?
Menurut Vygotsky, perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh budaya sekitar mereka, dengan bahasa sebagai alat belajar utama. Ia berpendapat bahwa anak-anak belajar banyak dari interaksi dengan lingkungan budaya mereka, dan bahasa memainkan peran penting dalam proses ini.
Apa saja tiga komponen permainan nyata menurut Vygotsky?
Aktivitas bermain nyata, menurut Vygotsky, mencakup komponen-komponen berikut: (a) menciptakan situasi imajiner, (b) mengambil dan memerankan peran, dan (c) mengikuti serangkaian aturan yang ditentukan oleh peran tertentu
Bagaimana teori Jean Piaget digunakan saat ini?
Jawaban dan Penjelasan: Teori perkembangan kognitif berfokus pada fakta bahwa lingkungan anak memainkan peran besar dalam cara mereka memperoleh pengetahuan baru. Teori ini

digunakan oleh banyak orang tua dan guru saat ini sebagai panduan untuk memilih kegiatan yang sesuai untuk anak-anak dari berbagai usia dan tahap perkembangan .
Apa teori skema Piaget?
Skema. Skema adalah struktur mental yang mengatur pengetahuan dan memandu perilaku (Piaget, 1936/1952). Skema merupakan blok dasar perkembangan kognitif. Saat anak berinteraksi dengan lingkungannya, mereka mengembangkan dan memodifikasi skema mereka untuk lebih memahami dunia di sekitar mereka.

Tahapan Perkembangan Kognitif Anak dalam Teori Piaget
Tahap sensorimotor (Usia 18-24 bulan) ...
Tahap praoperasional (Usia 2-7 Tahun) ...
Tahap Operasional Konkret (Usia 7-11 Tahun) ...
Tahap Operasional Formal (Usia 12 tahun ke atas)
Apa itu teori belajar Piaget?

Teori perkembangan kognitif Jean Piaget atau teori Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun