Mohon tunggu...
Marifatul Ulya
Marifatul Ulya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Pribadi

Hallo its Me Rifa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN UISI Bantu Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing

28 Desember 2021   17:00 Diperbarui: 28 Desember 2021   19:08 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama dengan pemilik usaha UMKM setelah pendampingan pendaftaran Gofood/dokumentasi pribadi


Universitas International Semen Indonesia melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan Program KKN ini dilaksanakan secara Tematik Daring. Kelompok B.04 yang beranggotakan dua orang yakni Ma'rifatul Ulya Mahasiswi Program Studi Manajemen dan Moch Irvan Rahman Pradana Mahasiswa Program Studi Informatika yang dibimbing langsung oleh Lisa Risfana Sari, S.Si., M.Si. Selaku dosen pembimbing lapangan. 

Pada masa pandemi covid-19 ini memiliki dampak penurunan perekonomian yang cukup besar bagi para pemilik usaha, salah satunya yakni para pemilik UMKM di Desa Mojopuro Wetan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Dalam program kerja tersebut dapat membatu UMKM untuk mempromosikan dagangan mereka melalui platform media sosial dan memberikan arahan terkait sistem pemasaran digital untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya pengetahuan dan adaptasi terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) di kalangan para pelaku UMKM. 

Dengan adanya perubahan pola konsumsi dan perubahan aktifitas pembelian yang dilakukan oleh masyaratakat, yang berawal dari proses pembelian secara offline berubah ke online membuat para pemilik usaha UMKM mengalami penurunan pendapatan pembelian. Rifa salah satu mahasiswa kelompok B.04 mengatakan bahwa para pelaku UMKM ini masih kurang akan kesadaran tentang pentingnya manajemen dan branding sebagai parameter kemajuan dan keberhasilan usaha, penggunaan Teknologi tentunya dapat mendukung aktifitas penjualan agar semakin meningkat.

Berangkat dari kondisi tersebut, Tim KKN UISI B.04 mengadakan pelatihan digitalisasi branding, marketing, dan manajemen usaha lengkap dengan simulasi pembuatan akun Social Media Instagram, pembuatan E-commerce melalui program Shoppe, dan mendaftarkan menjadi bagian dari mitra usaha Go-Food untuk produk UMKM. Menurut Irvan Salah satu mahasiswa kelompok B.04, upaya pembuatan akun tersebut bertujuan agar dapat membantu penjualan daring produk UMKM pada situasi pandemi ini. mengingat pola perubahan konsumsi masyarakat yang sudah berubah tentunya membuat penjualan melalui daring lebih digemari. 

Sebagai penutup, Lisa Risfana Sari selaku dosen pembimbing lapangan menyampaikan bahwa kegiatan KKN ini diharapkan dapat menjadi sarana kontribusi dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa UISI. Selain itu, Lisa berharap melalui pelatihan dan pendaftaran mitra usaha Gofood dan  pembuatan Akun Social Media instagram, serta akun E-commerce toko shoppe dapat membantu peningkatan ekonomi para pelaku UMKM di Desa Mojopuro Wetan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun