Mohon tunggu...
Rifa Hasna
Rifa Hasna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

saya merupakan mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Persepsi Masyarakat tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online di Kota Manado

9 Maret 2023   18:21 Diperbarui: 9 Maret 2023   18:37 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Transportasi merupakan bidang yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan transportasi sangat tinggi. Bidang transportasi di Indonesia sedang digencarkan dengan munculnya transportasi berbasis aplikasi atau biasa disebut transportasi online. Transportasi online merupakan transportasi yang memanfaatkan aplikasi sebagai media pemesanan untuk memudahkan konsumen dalam hal pemenuhan kebutuhan transportasi.

PT. Gojek Indonesia merupakan perusahaan swasta penyedia jasa berbasis teknologi yang bermitra dengan pengendara ojek di beberapa kota di Indonesia. Sistem manajemen dan operasional Gojek adalah dengan memadukan teknologi modern startup. Setiap driver Gojek menggunakan handphone dengan aplikasi dan GPS yang selalu aktif. 

Kemudahan yang ditawarkan oleh PT. Gojek Indonesia dalam memenuhi kebutuhan transportasi memberikan dampak yang besar di beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa efek positif yang diberikan Gojek pada masyarakat adalah biaya transportasi yang cenderung hemat, efisiensi waktu perjalanan yang mudah dan praktis, keamanan yang terjaga saat menjadi penumpang. Efek positif tersebut sangat diapresiasi oleh masyarakat.

PT. Gojek berdiri bermula dari sebuah ide yang kreatif dari seorang yang bernama Nadiem Makarim. melihat begitu banyaknya pengojek pangkalan yang sehari-hari ngetem di pinggir jalan namun tidak mempunyai kepastian untuk mendapatkan pendapatan. Dari itu membuat sebuah aplikasi yang mampu membuat perubahan bukan hanya di dunia transportasi namun juga menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pada akhirnya pada bulan Juni 2016 PT Gojek mendirikan kantor cabang di Kota Manado Kabar itupun langsung di respon oleh masyarakat kota Manado. Dari yang menolak sampai yang mendukung. Ternyata tidak langsung di respon positif oleh masyarakat terutama para supir angkot di Manado. Namun lambat laun akhirnya mampu diterima baik oleh masyarakat karena manfaatnya sudah mereka rasakan.

Mempermudah masyarakat karena langsung jemput di lokasi tidak perlu mencari pangkalan ojeg maupun angkot. Dan juga bisa pemesanan dan pengantar makanan melalaui smartphone. Pendapatan driver gojek yang lumayan cukup menarik minat sejumlah masyarakat yang sedang mencari pekerjaan maupun menambah penghasilan setiap harinya. . Memberikan kemudahan bagi customer yang tidak ingin repot mencari tempat parkir di pusat perbelanjaan.

Sumber : 

Manuela Manueke Gustaaff Buddy Tampi, Very Y. Londa. diakses melalui jm_jap,+JURNAL+Manuela.pdf 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun