Pemilu di Februari 2024 mendatang akan menjadi satu dari sejumlah tahapan penting proses demokratisasi di Indonesia. Dalam proses ini, partai politik (parpol) mengkomunikasikan visi dan misi kepada pemilih potensial melalui kampanye politik. Penggunaan teknologi dalam proses kampanye bisa menjadi solusi peningkatan efektivitas, salah satunya adalah dengan election dashboard.Â
Dashboard pemilihan (election dashboard) merupakan sebuah alat atau aplikasi berbasis teknologi informasi yang dirancang untuk memvisualisasikan dan menganalisis data terkait pemilihan politik. Dalam konteks kampanye, election dashboard menjadi platform pemantauan, input data, dan ringkasan data dukungan pada sebelum maupun saat pemilu.
"Cara kerjanya sederhana, data dukungan yang didapatkan relawan dikumpulkan dalam satu database. Data ini akan dianalisis dan ditampilkan dalam bentuk kesimpulan berupa daftar maupun visual seperti peta dan grafik," ujar Mula Damai selaku Chief Marketing Officer (CMO) di Widya Analytic.Â
Penggunaan election dashboard dapat mempermudah partai politik atau calon anggota legislatif (caleg) memantau dukungan calon pemilih, mengontrol alur dana kampanye yang dikeluarkan, hingga memperoleh wawasan untuk merancang strategi kampanye lanjutan. Penggunaan election dashboard juga dapat meningkatkan akurasi prediksi (forecasting) jumlah data pendukung dengan hasil pemilu nantinya.
 "Parpol dan caleg memiliki database pendukung yang dapat dikelola mandiri. Harapannya, data tersebut dapat menjadi acuan untuk membuat strategi kampanye atau bahkan kebijakan yang lebih strategis nantinya," tambah Mula.
Fitur dalam election dashboard di Widya Analytic bisa menjadi salah satu contoh. Caleg dan Tim Kemenangan Parpol dapat memantau dukungan calon pemilih melalui dashboard berbasis  progressive web apps yang dapat diakses menggunakan ponsel. Selain detail rinci dukungan dalam jumlah berupa angka maupun persentase, data dukungan juga dapat dilihat dengan metode ranking dalam bentuk heatmap maupun grafik.
"Election dashboard juga dapat diintegrasikan dengan media sosial, artikel dan berita di media, sentiment analyst, social network analyst, hingga fitur chat interaktif," ujar Mula. Dashboard ini juga dapat dihubungkan dengan hasil pemeriksaan kesehatan menggunakan IoT Kios Sehat Widya Imersif. Hasil pemeriksaan kesehatan yang ditampilkan dengan data ini dapat dimanfaatkan Parpol untuk membuat strategi kampanye yang lebih berdampak pada masyarakat.Â
Penggunaan election dashboard mampu memaksimalkan strategi kampanye partai politik, tak hanya demi memperoleh dukungan tetapi juga memberi berbagai benefit pada masyarakat. Contohnya penambahan input data mengenai gender dan kegiatan sosial masyarakat, seperti kegiatan Ibu PKK ataupun Karang Taruna. Data tersebut bisa menjadi pertimbangan parpol menentukan program yang menyasar kegiatan para ibu-ibu ataupun pemuda di suatu daerah. Harapannya, tak hanya memperoleh dukungan, program tersebut dapat mendukung secara positif kegiatan yang ada.Â
Keterlibatan teknologi ini bisa menjadi wajah baru dalam aktivitas kampanye. Tak hanya efektivitas waktu, anggaran, dan strategi program, penggunaan teknologi yang tepat juga dapat menjadi media untuk membangun serta meningkatkan citra positif parpol maupun caleg.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H