Mohon tunggu...
Ridwan Remin
Ridwan Remin Mohon Tunggu... Freelancer -

User and Freelancer | Contact: ridwanremin@gmail.com | Twitter: @ridwanremin

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Setelah Juara SUCI 7 Kompas TV, Terus Gua Harus Apa Lagi?

18 Oktober 2017   08:27 Diperbarui: 19 Oktober 2017   14:56 11181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisa menghibur sekaligus berlibur, alhamdulillah harus selalu bersukur.

Udah lama banget gua gak nulis di blog, saking lamanya sampe bingung mau mencet huruf yang mana dulu. Hehehe... Kalau ditanya alesannya kenapa gua gak pernah ngeblog? Karena waktunya gak ada, motivasinya gak banyak, dan passwordnya gak inget. Nah, berhubung sekarang gua udah bisa mengatasi ketiga alasan itu, maka tulisan ini akhirnya bisa gua tulis dan bisa kalian baca. Alhamdulillah, ucapkan terima kasih buat pendidikan formal di negeri ini yang udah bikin kita jadi bisa baca-tulis.

Seperti yang mungkin kalian udah tau, gua baru aja menyelasaikan salah satu kompetisi Stand Up Comedy paling bergensi di Indonesia, SUCI 7 Kompas TV. Kebetulan di situ gua juaranya. Hehehe, bukannya sombong, tapi sekadar informasi aja, biar kalian tau... kalo gua sombong! :p

Setelah beres kompetisi gua sering banget dapet pertanyaan, "Abis ini mau ngapain?" dan pertanyaan ini bukan cuma gua dapet dari orang-orang yang ada di sekitar gua, tapi juga dari diri gua sendiri. Awalnya gua agak bingung sih mau ngapain, tapi sekarang-sekarang kayaknya gua udah mulai tau deh apa aja yang mau gua lakuin.

Saat ini gua memang belum bisa sebutin satu per satu rencana hidup gua ke depannya, karena gua juga masih belum terlalu yakin semuanya itu bener-bener pengen gua lakuin atau cuma sebatas obsesi doang. Tapi setidaknya gua bisa kasih tau satu hal yang lagi pengen banget gua wujudin di tahun 2017, yaitu gua pengen banget bisa bikin Stand Up Comedy Show selama 1 jam (selanjutnya bakal gua tulis Spesial Show).

Memang bukan hal baru bagi seorang Stand Up Comedian (selanjutnya bakal gua tulis Komika) bikin Spesial Show, tapi buat gua itu masih jadi semacam hal yang mustahil; kayak impian yang sulit. Soalnya, buat yang belum tau, gua ini Komika yang lahir dari kompetisi. Yak, sebelum ikutan SUCI 7 Kompas TV gua udah sering ikutan kompetisi 'off air' di Jabodetabek dari tahun 2013. 

Beberapa kali gua sempet jadi juara, dan beberapa kali juga gua pulang dengan tangan hampa. Makanya, selama di SUCI 7 Kompas TV gua bisa keliatan kayak santai banget; gak ada tekanan sama sekali, ya karena gua udah biasa tampil di kompetisi, biasa tampil depan juri. Jadi, ya udah gak ada kagok-kagoknya lagi.

Nah, terus apa hubungannya gua yang Komika kompetisi sama susahnya bikin Spesial Show? Hubungannya adalah ketika di kompetisi gua dipaksa 'main cepet', dengan durasi yang cuma 3 sampai 7 menit gua diharuskan membuat penonton tertawa sebanyak-banyaknya. Dan gara-gara itu pola jokes gua pun rata-rata sifatnya One Liner (jokes singkat). Biasanya itu pola jokes kayak gitu kurang cocok buat Spesial Show. Alesannya karena penonton bakal cepet ngerasa capek atau bosen dan gua pun akan susah buat ngapalin materinya karena saking banyaknya bahasan yang harus gua inget-inget.

Hmm, sampe sini penjelasan gua bisa dimengerti gak sih? Hehehe, agak bingung nih ngejelasinnya kalau lewat kata-kata gini. Mudah-mudahan kalian ngerti deh ya, kalo gak ngerti, ya pura-pura ngerti aja biar keliatan pinter.

Intinya, di akhir tahun 2017 ini gua pengen banget bisa bikin Spesial Show. Beberapa waktu yang lalu gua sempet 'cek ombak' di sosmed dengan ngelempar pertanyaan yang isinya kurang-lebih kayak gini "Kalo gua bikin Spesial Show tapi materi barunya cuma 20% ada yang mau nonton dan beli tiketnya gak?" Alhamdulillah responnya bisa melebihi target, lagian targetnya juga cuma 10 orang doang kok. Hehehe

Sebenernya sih gua bodo amat sama jumlah penonton, toh gua gak cari untung (dari duit tiket) juga. Yang pengen gua capai di Spesial Show pertama gua ini cuma sebatas kemampuan gua (yang latar belakangnya Komika kompetisi) buat tampil Stand Up Comedy selama 1 jam. Kalau gua bisa wujutinnya, kan gua jadi bisa buktiin ke diri gua sendiri kalo sebenernya gak ada yang mustahil selama gua mau usaha dan berani nyoba.

Terus kalo masalah materi, kenapa gua nekat mau bawain sekitar 80% materi lama di Spesial Show padahal gua tau kalo orang-orang yang nonton pasti bakal bosen ngedengernya dan mungkin bisa jadi jokesnya bakalan gak lucu lagi ketika dibawain?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun