Mohon tunggu...
Rido Nababan
Rido Nababan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Creative Copywriter | Content Writer | Teacher

Hanya menuliskan pikiran dan perasaan melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia UGJ Sukses Kembangkan Literasi Digital Melalui GAMELDIA

8 Oktober 2024   12:49 Diperbarui: 8 Oktober 2024   12:51 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Gelar Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gel 1 2024 di UGJ Cirebon (Sumber:Dokumentasi Pribadi)

Salam literasi! Siapa sangka, sebuah ide sederhana untuk menciptakan mading digital dapat menginspirasi begitu banyak orang? Proyek GAMELDIA, yang digagas oleh 6 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 bidang studi Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati, telah berhasil membuktikan hal tersebut.

GAMELDIA: Menjembatani Dunia Anak dan Literasi Digital

GAMELDIA, singkatan dari Gerakan Aksi Mading Dengan Energi Literasi Digital, adalah sebuah proyek inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis, serta mengembangkan kreativitas anak-anak. Dalam proyek ini, mahasiswa PPG bekerja sama dengan anak-anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Az-Zahra untuk menciptakan cerita inspiratif yang kemudian divisualisasikan dalam bentuk mading digital.

Proses Kreatif yang Menyenangkan

Selama empat pertemuan, mahasiswa PPG dan anak-anak LKSA Az-Zahra terlibat dalam proses kreatif yang menyenangkan. Kegiatan dimulai dengan pengenalan konsep GAMELDIA dan pentingnya membaca serta menulis. Mahasiswa PPG kemudian membimbing anak-anak dalam menulis cerita inspiratif berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi mereka.

Setelah cerita selesai ditulis, mahasiswa PPG bersama anak-anak merancang tampilan visual yang menarik menggunakan aplikasi Canva. Dengan bimbingan mahasiswa, anak-anak belajar cara menggabungkan teks, gambar, dan elemen desain lainnya untuk menciptakan mading digital yang unik dan menarik.

"Kami sangat antusias melihat antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka memiliki banyak ide-ide kreatif yang luar biasa," ujar Laelatul Barkah, salah satu inisiator proyek GAMELDIA.

Dokumentasi dengan anak-anak LKSA Az-Zahra. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Dokumentasi dengan anak-anak LKSA Az-Zahra. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Hasil yang Membanggakan

Hasil akhir dari proyek GAMELDIA adalah sebuah kumpulan mading digital yang berisi cerita-cerita inspiratif dari anak-anak LKSA Az-Zahra. Cerita-cerita tersebut tidak hanya mencerminkan kreativitas anak-anak, tetapi juga mengandung pesan-pesan positif tentang kehidupan, mimpi, dan harapan. Tak hanya itu, proyek GAMELDIA telah sukses di pamerkan dalam Gelar Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon.

Dokumentasi Gelar Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gel 1 2024 di UGJ Cirebon (Sumber:Dokumentasi Pribadi)
Dokumentasi Gelar Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gel 1 2024 di UGJ Cirebon (Sumber:Dokumentasi Pribadi)

Lebih dari Sekadar Mading Digital

Proyek GAMELDIA tidak hanya menghasilkan karya-karya yang indah, tetapi juga memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Bagi anak-anak LKSA Az-Zahra, proyek ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulis, berpikir kreatif, dan percaya diri. Sementara itu, bagi mahasiswa PPG, proyek ini menjadi pengalaman belajar yang berharga dan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari.

"Proyek GAMELDIA ini tidak hanya sekadar membuat mading digital, tetapi juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka," ungkap Ibu Dr. Yusida Gloriani, M.Pd, salah satu dosen pembimbing proyek kepemimpinan UGJ.

Hasil karya nya bisa Anda lihat dalam tautan di bawah ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun