Salam literasi! Siapa sangka, sebuah ide sederhana untuk menciptakan mading digital dapat menginspirasi begitu banyak orang? Proyek GAMELDIA, yang digagas oleh 6 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 bidang studi Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati, telah berhasil membuktikan hal tersebut.
Literasi Digital
GAMELDIA: Menjembatani Dunia Anak danGAMELDIA, singkatan dari Gerakan Aksi Mading Dengan Energi Literasi Digital, adalah sebuah proyek inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis, serta mengembangkan kreativitas anak-anak. Dalam proyek ini, mahasiswa PPG bekerja sama dengan anak-anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Az-Zahra untuk menciptakan cerita inspiratif yang kemudian divisualisasikan dalam bentuk mading digital.
Proses Kreatif yang Menyenangkan
Selama empat pertemuan, mahasiswa PPG dan anak-anak LKSA Az-Zahra terlibat dalam proses kreatif yang menyenangkan. Kegiatan dimulai dengan pengenalan konsep GAMELDIA dan pentingnya membaca serta menulis. Mahasiswa PPG kemudian membimbing anak-anak dalam menulis cerita inspiratif berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi mereka.
Setelah cerita selesai ditulis, mahasiswa PPG bersama anak-anak merancang tampilan visual yang menarik menggunakan aplikasi Canva. Dengan bimbingan mahasiswa, anak-anak belajar cara menggabungkan teks, gambar, dan elemen desain lainnya untuk menciptakan mading digital yang unik dan menarik.
"Kami sangat antusias melihat antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka memiliki banyak ide-ide kreatif yang luar biasa," ujar Laelatul Barkah, salah satu inisiator proyek GAMELDIA.
Hasil yang Membanggakan
Hasil akhir dari proyek GAMELDIA adalah sebuah kumpulan mading digital yang berisi cerita-cerita inspiratif dari anak-anak LKSA Az-Zahra. Cerita-cerita tersebut tidak hanya mencerminkan kreativitas anak-anak, tetapi juga mengandung pesan-pesan positif tentang kehidupan, mimpi, dan harapan. Tak hanya itu, proyek GAMELDIA telah sukses di pamerkan dalam Gelar Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon.
Lebih dari Sekadar Mading Digital
Proyek GAMELDIA tidak hanya menghasilkan karya-karya yang indah, tetapi juga memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Bagi anak-anak LKSA Az-Zahra, proyek ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulis, berpikir kreatif, dan percaya diri. Sementara itu, bagi mahasiswa PPG, proyek ini menjadi pengalaman belajar yang berharga dan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari.
"Proyek GAMELDIA ini tidak hanya sekadar membuat mading digital, tetapi juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka," ungkap Ibu Dr. Yusida Gloriani, M.Pd, salah satu dosen pembimbing proyek kepemimpinan UGJ.
Hasil karya nya bisa Anda lihat dalam tautan di bawah ini: