Dalam setiap proses pembelajaran mempunyai metode-metode tersendiri disetiap prosesnya, metode pembelajaran biasanya di dasarkan dari sebuah teori, yang bagaimana teori tersebut di kemas menjadi sebuah metode yang di interpretasikan dalam pelaksaan pendidikan, pendidikan akan berjalan dengan baik sesuai dengan capaian yang dinginkan jika dalam pelaksaanya di dukung dengan pengetahuan tentang teori belajar dengan baik, namunsetiap metode yang digunakan dalam pelaksaan pendidikan harus di pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, baik itu kebutuhan dalam aspek kognitifnya, aspek emosionalnya dan aspek psikomotoriknya yang semua itu disesuaikan dengan kebutuhan tahapan perkembangan diri peserta didik.
Kesalahan dalam pelakasaan pendidikan biasanya disebabkan oleh faktor-faktor, salah satu faktor yang menyebabkannya adalah kurangnya pengetahuan tentang teori belajar, kurangnya pengetahuan tersebut mengakibatkan kesalahan dalam membuat metode pendidikan, dan jika terjadi kesalahan dalam metode pembelajaran maka tujuan dari sebuah pelaksaan pendidikan tidak dapat tercapaikan.
Pentingnya pengetahuan dan pemahaman tentang teori belajar menjadi sebuah kunci dalam suksesnya pelakasanaan pendidikan, pemahaman tentang teori belajar tersebut menjadi tugas bagi pelaksana pendidikan dalam tanggung jawabnya memberikan yang terbaik kepada peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H