The article show that students substantively bring more information and knowledge before learn especially about algebra. The case of systems equation, students use it indirectly in their life. Students usually use symbols to solve the problem, they should can describe the problem of systems equation.
In that article show us that study not started with symbols but stared by problem like mystery numbers problem:
There are two numbers. Their sum is 35 and their difference is 13. What are they?
If we learned solution of systems equation so we can compatibly solve it. But, students not yet have prior knowledge, so they will use nonsymbolic approach to this problem. In that article, the study recommended begin with pair share strategy. First, the students think alone to answer that question. And than organize students in pair to think the solution. If the discuss show that they use systematic guess and check strategy exclusively then teacher ask students how they maybe use variable to solve that problem.
Teacher should understand what the students experience have and begin the study with what the students have. Then, teacher can bring the students to know about items of mathematics especially the systems equation. From that article we learn about try to distinguish between what students know and what they have simply memorized.
(
Pada artikel menunjukkan bahwa siswa sebenarya membawa banyak informasi dan pengetahuan sebelum pembelajaran khususnya tentang aljabar. Kasus tentang sistem persamaan, siswa menggunakan sistem persamaan itu secara tidak langsung di dalam kehidupannya. Siswa biasanya menggunakan symbol untuk menyelesaikan masalah, mereka seharusnya dapat mendeskripsikan masalah tentang sistem persamaan.
Pada artikel menunjukkan kita bahwa pembelajaran tidak dimulai dengan symbol tetapi dimulai dengan masalah seperti masalah angka misteri:
Ada dua angka. Jumlah mereka adalah 35 dan perbedaan mereka adalah 13. Angka apa mereka?
Jika kita telah belajar penyelesaian system persamaan maka kita dapat dengan mudah menyelesaikannya. Tetapi, siswa belum pernah memiliki pengetahuan sebelumnya, maka mereka akan menggunakan pendekatan nonsimbolik pada masalah tersebut. Pada artikel, pembelajaran direkomendasikan dimulai dengan strategi pair-share. Pertama, siswa berpikir sendiri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dan kemudian mengorganisasikan siswa untuk berpasangan memikirkan solusi masalah tersebut. Jika dalam diskusi menunjukkan bahwa mereka menggunakan strategi menebak dan cek sistematis eksklusif maka guru meminta siswa bagaimana mungkin mereka menggunakan variable untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Guru seharusnya mengerti apa yang pengalaman siswa miliki dan memulai pembelajaran dengan apa yang siswa miliki. Kemudian guru dapat membawa siswa untuk mengetahui materi matematika khususnya system persamaan. Dari artikel kita belajar tentang mencoba membedakan antara apa yang siswa ketahui dan apa yang mereka hanya mudah hafalkan.)
Kasi C. Allen. Mathematics Teacher. Problems before procedures: Systems of equations. Vol. 107 No. 4 November 2013
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H