Mohon tunggu...
Rida Perdana Putri
Rida Perdana Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Pendidikan IPS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif dan Konstruktivis: Pemahaman, Perkembangan, dan Penerapan dalam Pembelajaran

7 November 2024   23:11 Diperbarui: 7 November 2024   23:15 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Belajar Kognitif dan Konstruktivis: Pemahaman, Perkembangan, dan Penerapan dalam Pembelajaran

  • Prinsip Dasar Psikologi Kognitif

Menurut Santrock, kognisi berkaitan dengan proses mental seperti menerima, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi, yang mendukung aktivitas kompleks seperti berpikir. Chaplin menjelaskan bahwa kognitif melibatkan perilaku mental dalam pemahaman, perhatian, pemrosesan informasi, pemecahan masalah, niat, dan keyakinan.

  • Teori Belajar Kognitif

Menurut Kurt Lewin, perilaku individu dipengaruhi oleh interaksi antara kekuatan internal (seperti kebutuhan dan tujuan) dan kekuatan eksternal (seperti tantangan atau hambatan). Piaget menyatakan bahwa kemampuan belajar dipengaruhi oleh tahap perkembangan usia, yang memperluas kapasitas mental seseorang.

Discovery Learning, adalah proses memahami konsep melalui intuisi, sesuai kemampuan individu, sehingga mencapai kesimpulan sendiri. Implikasi dari teori ini dalam pembelajaran meliputi:

1. Pembelajaran yang berpusat pada siswa.

2. Pengembangan keterampilan berpikir kritis.

3. Penggunaan teknologi dan media untuk mendukung konstruksi pengetahuan.

  • Pendekatan Konstruktivisme

Pendekatan konstruktivisme menyatakan bahwa individu membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman. Terdapat dua jenis konstruktivisme:

1. Konstruktivisme Individual, berfokus pada proses mental individu dalam membangun pengetahuan.

2. Konstruktivisme Sosial,  menurut Vygotsky, yang menekankan bahwa pengetahuan terbentuk melalui interaksi sosial dan budaya.

  • Prinsip utama konstruktivisme meliputi:

1. Belajar sebagai proses aktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun