Mohon tunggu...
RICKY WIDYADHANA
RICKY WIDYADHANA Mohon Tunggu... Programmer - Mahasiswa S1 Sistem Informasi

Automotive Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Baru Go Eye Check sebagai Fasilitas Kesehatan Mata bagi Warga Surabaya

28 Desember 2023   20:29 Diperbarui: 2 Januari 2024   22:58 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kesehatan mata merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia. Gangguan kesehatan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silinder, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, prevalensi kebutaan di Indonesia adalah 3 juta orang (1,5% dari populasi). Sebanyak 1,6 juta orang di antaranya buta total, sedangkan 6,4 juta orang mengalami gangguan penglihatan sedang dan berat.

Perkembangan teknologi mobile yang semakin pesat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan mata. Aplikasi mobile dapat memberikan kemudahan bagi staf dan pengguna dalam melakukan pendaftaran, melihat jadwal dokter, membuat janji dengan dokter, dan melihat rekam medis pasien. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan mempermudah pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, kami mahasiswa program studi Sistem Informasi  dari Fakultas ilmu Komputer di UPN "VETERAN" Jawa Timur  dengan nama Muhammad Achsani, Syahfi Riski Yazid, Ahmad Haris Insanul Kamil dan Ricky Widyadhana membuat inovasi berupa aplikasi pemeriksaan mata berbasis mobile yang bernama Go Eye Check.

Apa Itu Go Eye Check ?

 Aplikasi  Go Eye Check adalah aplikasi mobile yang berfokus mendukung pengecekan mata yang dimana pengguna dapat memanggil tenaga Kesehatan mata datang kerumah untuk melakukan pemeriksaan berbagai gejala mata yang dialami pelanggan. Ide bisnis ini bisa dikatakan menjadi inovasi baru yang dipengaruhi oleh teknologi. Di mana teknologi di kombinasikan dengan bidang kesehatan khususnya pada gejala kesehatan mata. Aplikasi Go Eye Check ini menyediakan jasa pemeriksaan mata yang bisa dipanggil ke rumah. Pemeriksaan pengecekan mata berupa, pemeriksaan mata rabun jauh, mata rabun dekat, tes buta warna serta konsultasi seputar kesehatan mata.

Bisnis ini juga mencakup banyak kalangan seperti lanjut usia (lansia), penyandang disabiltas, ibu hamil, dan orang yang jarang memiliki waktu. Karena aplikasi ini menawarkan jasa yang cutomer hanya perlu memesan dari rumah saja maka tentunya akan lebih efisiensi waktu, kenyamanan dalam memesan dokter, dan akses inofrmasi yang dibutuhkan lebih mudah di jangkau.

Jadi Apa Tujuan Go Eye Check ? 

Dalam pembuaatan aplikasi Go Eye Check ada beberapa tujuan yang kami ingin capai, yaitu sebagai berikut. Yang pertama aplikasi Go Eye Check ini dapat Menyediakan layanan kesehatan mata yang mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun, dan untuk yang kedua aplikasi ini dapat memberikan perhatian khusus terhadap berbagai kalangan seperti melayani kesehatan mata lansia ataupun orang yang jarang ada waktu untuk memeriksa mata di klinik mata, untuk yang ketiga aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan mata, serta mendukung gaya hidup sehat di era digital.

Fitur-fitur yang tersedia dalam Go Eye Check 

Dalam pengembangan aplikasi Go Eye Check, rancangan fitur menjadi aspek krusial untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Aplikasi ini menggunakan model tipe booking yang melibatkan serangkaian langkah, mulai dari pemilihan jenis layanan kesehatan mata hingga pemilihan dokter atau pelayan kesehatan. Proses dimulai dengan pendaftaran akun, di mana pengguna diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Setelah login, pengguna akan dihadapkan pada tampilan utama aplikasi yang menampilkan beragam layanan kesehatan mata, seperti pemeriksaan mata rabun jauh, rabun dekat, dan tes buta warna. Kemudian, pengguna dapat memilih jadwal pemeriksaan sesuai dengan preferensi waktu dan tanggal mereka.

Selanjutnya, aplikasi menyediakan fitur pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk melihat ringkasan pesanan, termasuk detail layanan, waktu, dan biaya. Proses pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan E-money atau pembayaran tunai saat pertemuan dengan dokter atau pelayan kesehatan. Setelah pembayaran berhasil, pengguna akan menerima konfirmasi pemesanan melalui email. Sebagai tambahan, setelah pelayanan selesai, pengguna diberikan kesempatan untuk memberikan rating dan ulasan pada tenaga kesehatan yang memberikan layanan, memberikan dimensi interaktif dan memberdayakan pengguna untuk berkontribusi pada kualitas pelayanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun