Mohon tunggu...
Inovasi

Penggunaan Teori Persuasi dalam Efektifitas Komunikasi Kesehatan

30 November 2017   21:47 Diperbarui: 30 November 2017   22:02 1076
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

PSA, merupakan dirancang untuk menginformasikan atau menginduksi perilaku tertentu pada audiens yang lebih spesifik, umumnya pada pada keuntungan nonkomersial menggunakan pendekatan dengan media massa. (diadaptasi dari Rogers & Storey, 1987, oleh Rice & Atkin,
1989).

Keuntungan dalam menggunakan PSA dapat mempromosikan perilaku prososial yang sebagian dikarenakan kemampuan mereka sendiri untuk secara efisien dan berulang -- ulang kali dalam menembus terfet populasi yang besar, dengan kemungkinan mengandalkan sumber yang sangat dihormati atau juga dipercaya sebagai pembicara (hornik, 1989).

Lewat pesan yang disampaikan The Iron Eyes Cody, menampilkan lingkungan lingkungan yang sangat padat dan orang -- orang America Native terlihat dengan air mata di mata mereka dan juga dengan sebuah slogan, "Orang -- orang yang memulai polusi, dan mereka juga / orang --orang tersebut juga yang dapat menghentikannya." Sejak Pemutarannya pada tahun 1971, PSAs telah dilihat / ditonton sekitar 50 juta warga Amerika. Pada tahun 1997, mereka dinamai sebagai salah satu iklan sepanjang masa oleh Entertainment Weekly.

Meski begitu, pesan tertentu tentu memberikan efek dan reaksi emosional dari pemirsa / penonton, artikel ini akan melihat pada kemungkinan dari kekurangan pesan tersebut, bersama dengan saran untuk menciptakan bahkan
PSA yang lebih kuat.

Walaupun terdapat cukup banyak riset mengenai persuasi yang mana membahas perubahan sikap dan perubahan perilaku, PSAs sendiri dirancang tanpa mencari keuntungan dengan melangsungkan infromasi tersebut. Kampanye proenvironmental menghadapai masalah khusus, karena pesan tersebut mencoba mengarahkan tingkah laku yang nantinya tidak terjadi. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan panduan khusus untuk membantu menciptakan PSA proenvironmental yang efektif.


Saat pengembang PSL proenvironmental lalai mempertimbangkan prinsip dasar
berasal dari penelitian media massa komunikasi, usaha mereka untuk membawa
tentang perubahan perilaku cenderung tidak berhasil. Banyak penelitian yang dilakukan
memeriksa pentingnya mengidentifikasi audiens target, belajar tentang sikap mereka
dan perilaku yang terkait dengan masalah target, dan kemudian uji coba uji coba terhadap
versi awal dari pesan. Berdasarkan penelitian terdahulu, Mendelsohn (1973) menemukan bahwa kampanye informasi publik memiliki probabilitas keberhasilan yang relatif tinggi jika (1) pengembang kampanye berasumsi bahwa kebanyakan pemirsa cenderung demikian
hanya sedikit tertarik dengan pesan, (2) sasaran jarak menengah ditetapkan (mis., pengembang
merasa percaya diri bahwa paparan pesan sederhana akan mengarah pada informasi yang diinginkan mendapatkan atau mengubah perilaku), dan (3) target pemirsa diselidiki secara menyeluruh dalam hal demografi, gaya hidup, nilai, dan kebiasaan media massa. Mendelsohn menggambarkan tiga kampanye informasi ini sebagai yang sangat berhasil karena masing -- masing Desain mereka mencerminkan kolaborasi yang erat antara ilmuwan sosial dan komunikasi spesialis.

McGuire (1989) juga memberikan panduan berguna untuk menciptakan masyarakat yang efektif kampanye komunikasi Dia menggambarkan bagaimana teori fundamental tentang Struktur dan motivasi orang mempengaruhi respons orang tersebut terhadap persuasif pesan. Matriks inputoutput diformulasikan untuk lebih memahami komunikasi variabel (input) dan respon langkah (output). Sepanjang sumbu input tersebut aspek penting pesan seperti sumber (umur,jenis kelamin, sosial ekonomi status, etnisitas, kredibilitas, dan daya tarik), faktor pesan (gaya kirim, panjang, pengulangan, kecepatan bicara, dan kejelasan), faktor saluran (televisi, radio, surat kabar, atau majalah, serta spesifikasinya), faktor penerima (usia, pendidikan, jenis kelamin, gaya hidup), dan akhirnya menargetkan perilaku di mana komunikasi

emilih PSA yang tidak akan ditanggapi di final

Periset telah secara konsisten menemukan bahwa sekali seseorang terkena a pesan, bagaimana individu memproses informasi yang menentukan apakah persuasi akan bertahan lama Cook and Flay (1978) menemukan bahwa peserta yang konten pesan yang dianggap serius menunjukkan sikap yang lebih bertahan lama perubahan; Sebaliknya, ketika peserta memiliki sedikit motivasi dan / atau kemampuan untuk berpikir tentang pesan yang disajikan, efeknya biasanya singkat. Petty dan Cacioppo (1981) mengembangkan model elaborasi kemungkinan persuasi dan
berpendapat bahwa jalannya persuasi didasarkan pada seberapa banyak pengolahan mental atau
elaborasi target yang dialaminya. Model kemungkinan elaborasi ini mencakup keduanya a
rute perifer untuk persuasi dan rute utama untuk persuasi, terg

Pallak, Cook, dan Sullivan (1980) meneliti bagaimana komitmen mempengaruhi seseorang
kemampuan untuk diyakinkan terhadap perubahan konsumsi energi. Mereka menyediakannya
sampel pemilik rumah Iowa dengan tip konservasi, meminta mereka untuk menguranginya
konsumsi, dan juga menciptakan komitmen dengan cara berikut: Mereka menginformasikan
Orang-orang ini bahwa nama pelestari akan dipublikasikan di surat kabar.

Artikel ini memberikan banyak saran untuk memperbaiki proenvironmental
PSA. Beberapa peneliti telah mengembangkan model yang bisa dengan mudah
diterapkan pada tujuan ini, dan tiga tampaknya sangat sesuai untuk tujuan kita: McGuire's
(1989) matriks input / output, kemungkinan elaborasi Petty dan Cacioppo (1981)
model, dan daftar periksa yang dibuat oleh Atkin dan Freimuth (1989).
Selama tahap persiapan desain kampanye, pengembang harus melakukannya
fokus pada populasi sasaran. Mereka pertama-tama harus mengidentifikasi target pemirsa
memeriksa siapa yang paling berisiko melakukan perilaku yang tidak diinginkan dan siapa yang paling berisiko
paling terbuka untuk media persuasi. Perancang juga harus menentukan perilaku mana
yang paling setuju untuk berubah melalui PSA. Begitu target pemirsa diidentifikasi,
anggota audiens itu harus disurvei untuk mengetahui pengalaman mereka
yang relevan dengan masalah ini Kriteria yang paling penting bagi juru bicara
Yang dipilih untuk mempresentasikan pesannya adalah dia kredibel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun