Mohon tunggu...
Richie
Richie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi : renang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Geladi Hominisasi

27 November 2022   14:48 Diperbarui: 27 November 2022   14:51 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama proses Geladi Hominisasi, tugas-tugas yang diberikan merupakan penugasan umum yang dapat dikerjakan tanpa kesulitan. Tugas Pra Geladi, saya menonton dua video sehingga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan dari para penyelenggara. Saya mengerjakan tugas dengan sungguh dan sudah selesai jauh dari hari batas pengumpulan tugas. Karena telah mengerjakan tugas pra geladi tersebut, membuat saya dapat mengikuti rangkaian acara utama yaitu saat Geladi Hominisasi. Hari H dibagi menjadi beberapa kelompok dan saya menjadi bagian dari kelompok 1. Banyak penyampaian yang membuat wawasan saya menjadi lebih terbuka, terutama pada saat penyambutan dan kalimat pengantar yang disampaikan oleh pembawa acara. Menjelaskan tentang SINDU dan semboyan universitas. Ini juga yang membuat saya menjadi lebih tahu tentang UNPAR. Setelah kalimat pengatar dari pembawa acara, kami masuk kedalam kelompok dan melakukan voting untuk menentukan ketua kelompok dan notulen. Kelompok saya berperan aktif dan tidak ada satu orangpun yang hanya diam. Kemudian tiba saatnya kami diskusi membahas tentang hari anti kekerasan terhadap perempuan. Kami mengambil konsep podcast sebagai media presentasi kami. Semua anggota ikut diskusi dan semuanya dapat bagian untuk berbicara. Kelompok kami salah merupakan salah satu kelompok yang memiliki time management yang baik. Karena dapat menyelesaikan presentasi kurang dari waktu yang ditentukan yaitu 4 menit. Sayangnya kelompok kami bukanlah kelompok yang terbaik. Setelah presentasi dilakukan, saya menyaksikan kelompok-kelompok lain yang melakukan presentasi. Kelompok 4 menurut saya mempunyai jiwa yang lebih dan karakteristik tersendiri. Pada akhirnya rangkaian acara selesai dan ditutup dengan doa. Saya pun turut berbahagia karena dapat menyelesaikan Geladi Hominisasi ini dengan baik dan disiplin. 

Menurut saya yang dapat saya perbaiki setelah mengikuti kegiatan ini yaitu dapat mengambil bagian yang lebih, tidak hanya menjadi anggota tetapi bisa menjadi bagian yang lebih penting. Kemudian, kemampuan berlogika dan berbahasa disini sangat penting. Karena kami harus dapat mempertanggungjawabkan jawaban yang telah dipresentasikan apakah itu logis atau tidak dan menyajikan presentasi yang benar adanya. Bahasa Indonesia yang baik dan santun juga harus kami perhatikan agar setiap pendengar dapat memahami presentasi kami dengan baik. 

Manfaat yang saya rasa yaitu bisa menjadi bagian dari suatu kelompok dan dapat bersuara. Juga harus menghargai pendapat serta keputusan yang diberikan oleh orang lain. Bisa bertanggungjawab atas peran masing-masing

Yang bisa diterapkan dalam kehidupan kuliah sehari-hari yaitu time management, kerja sama team serta komunikasi yang baik. Juga bertanggung jawab atas apa yang diperbuat.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun