Perekmbangan teknologi yang sangat pesat disebabkan oleh adanya tuntutan kebutuhan manusia modern sehingga memunculkan banyak inovasi salah satunya ialah konsep Digital Marketing. Digital Marketing pada masa kini dianggap sangat penting penggunaannya terutama bagi para pengusaha khususnya pelaku UMKM. Terbukanya pengusaha/UMKM terhadap perkembangan teknologi membuat bisnis yang dimilikinya lebih memiliki nilai dibandingkan dengan pengusaha/UMKM yang tidak mengikuti perkembangan teknologi. Akan tetapi dalam penerapan Digital Marketing pengusaha/UMKM perlu memahami konsep Digital Marketing dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Digital Marketing merupakan suatu teknik pemasaran suatu barang ataupun jasa menggunakan teknologi digital dengan tujuan menginformasikan kepada pasar secara cepat, luas, murah, efisien dan juga efektif. Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009:47) Digital Maketing merupakan suatu kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial.
Terdapat 3 hal yang membuat Digital Marketing dirasa penting untuk diterapkan oleh UMKM:
1. Murah
UMKM pada dasarnya merupakan suatu usaha yang dimiliki perorangan dengan aset/omzet yang tergolong minimalis seperti yang tertera dalam Undang-Undang yaitu asset maksimal sebesar Rp. 50.000.000 dan omzet maksimal sebesar Rp. 300.000.000. Dengan data tersebut dapat kita ketahui bahwa UMKM hanya memiliki sedikit biaya untuk melakukan pemasaran. UMKM dapat menerapkan konsep Digital Marketing dengan tujuan menekan biaya pada kegiatan pemasaran. Digital marketing tergolong murah dikarenakan UMKM tersebut dapat menggunakan Media Sosial, Website, Email, dan masih banyak lagi media gratis sebagai tempat pengaplikasian kegiatan pemasaran.
2. Pasar Luas
Seperti yang kita ketahui teknologi informasi dan komunikasi sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia yang mengartikan bahwa hampir seluruh masyarakat menggunakan internet. Berdasarkan hal tersebut Digital Marketing sangat baik diterapkan oleh UMKM dikarenakan pemberian informasi mengenai usaha-nya akan diterima oleh pasar yang luas bahkan sampai negara lain. UMKM yang menerapkan konsep Digital Marketing dengan baik dan benar tentunya akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan bagi UMKM itu sendiri.
3. Mengenal Target
Target dari suatu usaha khususnya UMKM merupakan salah satu faktor yang penting untuk dikenal secara jelas mengenai karakter dan sifatnya. Target pasar membuat usaha/UMKM mudah untuk menentukan bagaimana cara mengembangkan Teknik pemasaran sesuai dengan target yang dimiliki agar lebih menarik perhatian bagi para konsumen. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita.
Penerapan konsep Digital Marketing merupakan suatu upaya terbaik bagi UMKM untuk terjun mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat pada masa kini. Keterbatasan finansial UMKM tidak menjadi Batasan untuk sebuah kesuksesan UMKM itu sendiri. Digital Marketing hadir sebagai jalan keluar bagi UMKM mengembangkan usahanya dengan keuntungan Murah, Pasar Luas, dan Dapat Mengenal Target akan tetapi kembali lagi kepada setiap UMKM yang menerapkannya apakah sudah menerapkan Digital Marketing dengan baik dan benar atau belum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H