Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini
Anak-anak adalah generasi penerus keluarga sekaligus penerus bangsa. Di tangan-tangan penerus bangsa inilah sejarah negara Indonesia akan dilukiskan. Jika para generasi penerus baik, maka akan baik pula negara yang dipimpinnya. Namun untuk mewujudkan generasi yang baik ini tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang cukup besar baik dari lingkungan keluarga (orang tua) dan lingkungan sekolah (guru) untuk mencapainya.
Masa anak-anak adalah jendela kesempatan emas bagi berbagai peluang tumbuh kembang anak yang tidak terulang, baik secara fisik, emosional dan sosial. Kurangnya perhatian pada masa anak-anak bahkan sejak usia dini mempunyai pengaruh yang terbawa hingga dewasa. Seperti apa seorang anak pada masa dewasanya sangat bergantung seberapa perhatian, kasih sayang, dan kepentingan terbaiknya yang diterima bahkan sejak usia dini (Budiardjo, 2011).
Pada zaman dahulu anak dipandang sebagai miniatur orang dewasa, sehingga diperlakukan sebagai orang dewasa dengan fisik yang lebih kecil. Anak-anak dipandang dengan sudut pandang filosofis yang berbeda[1]beda. Aliran-aliran filsafat yang membahas tentang perkembangan anak antara lain aliran empirisme, aliran nativisme, dan aliran naturalisme.Â
Para tokoh aliran "Empirisme" atau disebut juga aliran enviromnetalisme berpendapat bahwa anak dilahirkan tanpa potensi apapun, anak lahir sebagai "papan kosong" (tabula rasa). Perkembangan individu itu sepenuhnya ditentukan oleh faktor lingkungan/pendidikan, sedangkan faktor dasar/ pembawaan tidak berpengaruh sama sekali. Aliran empririsme ini menjadikan faktor lingkungan/pembawaan maha kuasa dalam menentukan perkembangan seseorang individu. Tokoh aliran ini adalah John Locke.
Jhon Locke lahir di Wrington, Inggris pada tanggal 29 Agustus tahun 1632 dan meninggal pada tanggal 28 Oktober 1704 di Essex, Inggris. Dia menggagas teori berdasarkan tradisi Francis Bacon. John Locke diberi gelar Bapak Liberalisme Klasik. Sebagian ahli sejarah berpendapat teori liberalism John Lock direfleksikan pada Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.15 Pendapat John Locke yang selalu dipandang sebagai ide besar empirisme adalah pikiran adalah tabula rasa (batu tulis yang kosong).16 Locke percaya bahwa pengalaman masa anak-anak sangat menentukan karakteristik seseorang ketika dewasa. Locke menyarankan para orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka dan membantu anak-anaknya menjadi anggota masyarakat yang berguna.
Untuk  mewujudkan  tujuan  tersebut dibutuhkan  stimulasi  yang  tepat  dalam mengembangkan  kemampuan  dasar  yang terdiri  dari  aspek  Fisik,  bahasa,  Nilai-nilai Moral  dan  Agama,  Sosial  Emosional  dan Kognitif   melalui   metode   belajar   yang berpariasi, menarik bagi anak. Dan lingkungan yang mendukung agar perkembangan  kemampuan  anak  tercapai secara optimal. Aspek  fisik  meliputi  pengembangan Motorik  halus  (fine  Motor)  dan  motorik kasar  (gross  motor)  yang  berguna  untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Perkembangan  motorik  halus  merupakan perkembangan gerakan anak yang menggunakan   otot   kecil   atau   sebagian anggota  tubuh  tertentu  yang  dipengaruhi oleh  kesempatan  anak  untuk  belajar  dan berlatih (Sumartini,2011).Motorik  halus  yang  paling  utama adalah   kemampuan   memegang   dengan tepat  yang  diperlukan  untuk  menulis.  Dari penjelasan diatas betapa pentingnya Motorik  halus  anak.
Kegiatan untuk menemani anak dalam mengasah motoric halus dapat dilakukan orang tua di rumah dengan media yang sederhana atau barang bekas yang ada disekeliling rumah, seperti menggunting pola di atas kardus, melipat bentuk dari Koran bekas bahkan bisa mengajak anak untuk menempel atau meremas Koran dll. Barang yang ada bisa kita gunakan untuk membantu anak-anak bisa mengasah motoric halus anak, agar perkembangan otot -- otot kecil bisa terkordinir dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H