Mohon tunggu...
Ribka Ellymercy
Ribka Ellymercy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

a woman, a child, a wife, a mother, a student, a civil servant

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ternyata Metode Penelitian Kualitatif Bisa Diterapkan pada Lagu

5 Juli 2023   23:42 Diperbarui: 5 Juli 2023   23:53 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metode penelitian kualitatif adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami dan menafsirkan fenomena sosial dengan fokus pada pengalaman, makna, dan konteks subjektif yang dialami oleh partisipan penelitian. Metode ini berbeda dari metode penelitian kuantitatif yang lebih berfokus pada pengukuran numerik dan analisis statistik. Metode penelitian kualitatif mencakup berbagai teknik dan pendekatan, beberapa di antaranya termasuk Wawancara, Observasi, Analisis Isi, Studi Kasus, maupun Etnografi.

Dalam buku Qualitative Research Methods, Monique Hennink-Inge Hutter-Ajay Bailey menampilkan pentingnya menghubungkan desain penelitian dengan analisis data sehingga membantu peneliti menghindari potensi jebakan dan mendapatkan hasil maksimal dari data penelitian. Metode penelitian kualitatif fokus pada tiga metode umum pengumpulan data: wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus, dan observasi.

Pembahasan kali ini kita akan coba mengaplikasikan alat penelitian ini dengan data yang berasal dari 2 lagu kebangsaaan FEB UGM yaitu Hymne Gadjah Mada (1952) dan One Family One Vision (2012)

Lirik dari kedua lagu tersebut menghasilkan verbatim transkrip yang akan dipilih kode potensial yang terkandung didalamnya dan kode-kode potensial tersebut membentuk sebuah buku kode.

Berikut adalah buku kode yang dihasilkan :

  1. Identitas. Kode "identitas" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan ciri khas atau tanda yang melekat yang memberi gambaran tentang jati diri FEB dan UGM
  2. Loyalitas. Kode "loyalitas" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan sebuah sikap positif terkait dengan kesetiaan atau pengabdian dari mahasiswa, yang menandai bahwa mahasiswa UGM memiliki komitmen penuh terhadap bangsa
  3. Nasionalisme. Kode "nasionalisme" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan gambaran kesetiaan tertinggi individu kepada negara kebangsaan
  4. Kolaborasi. Kode "kolaborasi" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan adanya persatuan dari seluruh civitas akademik untuk mencapai tujuan bersama mencapai prestasi demi kejayaan Indonesia
  5. Dedikasi. Kode " dedikasi" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan seluruh pengorbanan yang dilakukan civitas UGM dalam pengabdian demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia dengan keyakinan yang teguh
  6. Ambisi Prestasi. Kode "ambisi prestasi" yang dihasilkan merupakan pendekatan deduktif yang mendeskripsikan ambisi atau tekad yang kuat untuk mencetak prestasi
  7. Perasaan. Kode "perasaan" yang dihasilkan merupakan pendekatan induktif yang mendeskripsikan adanya berbagai macam perasaan dalam wujud semangat dan kebanggaan sebagai motivasi mencapai tujuan
  8. Reuni. Kode "reuni" yang dihasilkan merupakan pendekatan induktif yang mendeskripsikan kegiatan pertemuan kembali untuk berbagi pengalaman setelah melaksanakan tugas

Setelah mendapatkan buku kode maka langkah selanjutnya adalah menentukan Thick Description. Dalam buku Qualitative Research Methods dijelaskan bahwa deskripsi merupakan tugas inti dalam analisis data kualitatif yang digunakan secara mandiri. Oleh karena itu, mengetahui cara menulis deskripsi yang efektif merupakan keterampilan kunci dalam analisis data kualitatif. Analisis data kualitatif biasanya melibatkan pembuatan Thick Description tersebut dengan elemen-elemen yang terkandung sebagai berikut :

Keluasan (breadth)

Apa saja aspek yang berbeda dari sebuah isu (mis. kisaran persepsi, perilaku, komponen, dimensi)? Bagaimana aspek-aspek ini berbeda? Apakah beberapa aspek lebih umum daripada yang lain?

Kedalaman (depth)

Apa masalahnya? Bagaimana itu dijelaskan? Mengapa ini relevan? Contoh atau cerita apa yang diberikan? Bagaimana peserta mengekspresikan suatu isu (misalnya kata, frase, emosi)?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun