Mohon tunggu...
Rina Wijaya
Rina Wijaya Mohon Tunggu... Penulis prasasti online -

Perangkai kata, kalimat, dan paragraf.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Strategi Bisnis UKM dari Facebook

5 Desember 2017   19:32 Diperbarui: 9 Desember 2017   01:14 877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seiring perkembangan jaman, intenet hadir tidak hanya sebagai sarana untuk memudahkan pencarian informasi. Dengan munculnya internet, kini hadir pula media sosial sebagai wadah bagi tiap orang untuk saling berinteraksi dengan banyak orang di tempat yang berbeda.

Lambat tapi pasti, media sosial mulai banyak digemari sebagian besar orang. Bahkan pengguna media sosial terus mengalami peningkatan cukup signifikan. Sejalan dengan waktu, orang-orang mulai berpikir dan memanfaatkan kehadiran media sosial ini sebagai kesempatan emas untuk meraih rupiah.

Kini tak sedikit orang berbisnis via online. Diantara sejumlah media sosial, Facebook, Twitter dan Instagram lebih punya banyak penggemar. Media sosial dianggap memudahkan pebisnis. Untuk menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis UKM, ada sejumlah strategi.

Membuat fan page

Beda dengan akun Facebook biasa, fan page merupakan salah satu fitur pada Facebook yang akan memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis yang dijalani. Setelah fan page selesai dibuat, Anda juga perlu mengisi dan melengkapi halaman fan page tersebut dengan informasi yang detail.

Sejumlah informasi yang wajib ditampilkan seperti nama dan deskripsi perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, serta bisa dilengkapi dengan sebuah logo beserta tagline yang akan menarik calon pelanggan. Untuk lebih meyakinkan dan menarik minat orang, foto juga perlu ditambah mengenai produk di akun fan page Facebook. 

Membagi konten

Tak cukup hanya dengan membuat fan page, setelah semua informasi ditampilkan, langkah berikutnya adalah mempromosikan fan page dengan cara membagikannya atau sharemelalui akun Facebook. Cara lainnya agar fan page dikenal dan mendapat like dari banyak orang yakni dengan melakukan update fan page secara rutin.

Selain itu, bagikan konten undangan kepada akun Facebook orang lain untuk menyukai akun fan page. Dengan begitu, makin banyak like pada akun fan page, makin banyak pula yang mengetahui produk atau bisnisnya. Efeknya, produk akan dikenal lebih luas oleh khalayak banyak.

Menerima masukan konsumen

Dalam mengelola akun fan page, hal yang wajib dilakukan adalah memperhatikan para konsumen. Berusahalah untuk merespon dengan cepat saat konsumen bertanya mengenai produk yang diposting. Selain itu, terbukalah untuk menerima setiap masukan melalui komentar-komentar yang ditulis oleh konsumen mengenai produk atau bisnis yang dijalankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun