Mohon tunggu...
Ria
Ria Mohon Tunggu... Akuntan - Pemilik akun

Akuntant Mengerti Pajak Suka Menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengalaman Pribadi Mengikuti Program Kartu Prakerja

7 September 2021   18:29 Diperbarui: 7 September 2021   18:32 633
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Program Kartu Prakerja adalah program yang dibuat oleh pemerintah sejak sebelum pandemi datang. Tujuan awal  program karti prakerja adalah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dan mengasah skil masyarakat, juga tentu saja memberikan legalitas karena para peserta kartu prakerja ini akan mengikuti pelatihan - pelatihan yang disediakan dan mendapatka sertifikat pelatihan. 

Pada awal pembentukan program ini, muncul banyak sekali pro dan kontra di kalangan masyarakat, melihat pelatihan - pelatihan yang disediakan di prakerja sebagian besar bisa di dapatkan di Youtube dengan gratis sedangkan di program kartu prakerja ini pemerintah harus mengucurkan dana yang lumayan untuk memberikan pelatihan tersebut kepada para peserta kartu prakerja. 

Polemiknya apakah sertifikat yang dihasilkan dengan membayarkan sejumlah dana tersebut pada akhirnya akan bisa membantu para penerima sertifikat di kemudian hari.

Saya mendaftar sebelas kali, sepuluh kali gagal dan yang ke sebelas baru berhasil, namun timbul masalah karena email yang saya daftarkan di akun prakerja saya tidak bisa di akses karena saya lupa password dan saya tidak bisa melakukan pemulihan di google, dalam program Kartu Prakerja sendiri peserta tidak bisa mengganti alamat email. 

Saya mencoba meminta bantuan di kolom chat yang disediakan di dashboard prakerja.go.id namun hal itu tidak membantu, sesekali saya tersambung dengan contact center tetapi mereka tidak menjawab pertanyaan, hanya konfirmasi data dan berakhir menutup percakapan, saya bahkan mengisi form pengaduan tetapi juga tidak ada tanggapan.

Ketika pendaftaran saya berhasil, saya mencoba untuk mendaftar salah satu pelatihan yang bekerjasama dengan prakerja, namun hal yang membagongkan terjadi, link dan tiket pelatihan dikirim ke alamat email yang tidak bisa saya akses, saya mencoba meminta bantuan kepada vendor yang memberikan pelatihan, namun hasilnya juga nihil, mereka hanya bisa mengarahkan ke form pengaduan yang mana bisa saya ketahui tanpa informasi dari mereka, dan akhirnya saya melewatkan pelatihan berupa webinar yang diberikan oleh vendor tersebut . 

Ketika saya terlewat pelatihan saya berusaha menghubungi contact center prakerja lagi melalui chat, saya pernah menghubungi melalui email yang tercantum di website prakerja tetapi ternyata email saya tidak terkirim karena google tidak bisa menemukan alamat email tersebut, saya juga menghubungi melalui twitter dan Instagram tetapi tidak ada tanggapan, saya bahkan mengomentari akun youtube prakerja tetapi tidak ada respon juga. Dan ketika saya berhasil terhubung dengan contact center di dashboard prakerja.go.id lalu saya mengemukakan permasalahan saya, maka jawaban inilah yang saya dapatkan.

"Mohon menunggu, kami memerlukan waktu untuk menangani permintaan Anda.(17:10, 17:13,17:15, 17:19, 17:21, 17:23,17:26, 17:28, 17:33, 17:36, 17:39, 17:41, 17:44, 17:47, 17:49, 17:51, 17:54, 17:56, 17:58, 18:01, 18:04, 18:06, 18:09, 18:11, 18:13, 18:16, 18:18, 18:21, 18:24, 18:26, 18:29)" ini adalah jawab yang sama dikirim pada rentang waktu yang saya sebutkan. Dari sini terlihat jelas bahwa dalam waktu tunggu saya yang lebih dari satu jam tidak ada jawaban sama sekali, hanya seperti robot yang di beri timing aja.

Dari pengalaman ini setidaknya saya bisa sedikit mengerti mengapa produk impor masih menjadi andalan, mengapa aplikasi PeduliLindungi membuat beberapa warga negara tidak bisa pulang dari luar negeri, dan mengapa pandemi ini masih melekat hingga saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun