Mohon tunggu...
Riass Chabibah
Riass Chabibah Mohon Tunggu... -

Menulis adalah caraku belajar. Belajar mengenal dan mengetahui luasnya samudra cakrawala.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran BK dalam Matematika

7 April 2018   04:51 Diperbarui: 7 April 2018   04:57 969
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

     Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan layanan yang terdapat pada suatu lembaga pendidikan yang berguna dalam membantu penyelesaian suatu masalah, membimbing, serta mengembangkan potensi peserta didik. 

Untuk itu bukan hanya Guru BK yang wajib mengetahui mengenai bimbingan dan konseling melainkan guru mata pelajaranpun juga harus mengetahuinya. Bimbingan dan Konseling dapat membantu guru mata pelajaran dalam mengatasi permasalahannya dalam suatu pembelajaran, khususnya Guru Matematika.

Banyak dari peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Bahkan banyak dari mereka yang hanya dengan mendengar kata "matematika", mereka sudah malas dan tidak ingin mempelajari materi yang akan disampaikan. Hal ini merupakan suatu tantangan bagi seorang guru matematika agar dapat mengubah persepsi public yang menganggap matematika sulit dan menakutkan. Bimbingan dan Konseling dapat membantu guru dalam upaya mengatasi permasalahan ini.

Dengan Bimbingan dan Konseling seorang Guru Matematika akan mengetahui berbagai macam pengetahuan dalam mengatasi, mencegah, serta mendekati peserta didiknya agar peserta didik merasa nyaman dan menyukai matematika sebagai mata pelajaran yang asik dan menyenangkan. Berikut adalah hal yang dapat Guru Matematika dapatkan dalam Bimbingan dan Konseling :

A. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik

Dalam melakukan suatu pembelajaran seorang guru harus dapat mengetahui kemampuan dasar peserta didik terhadap matematika agar dapat memilah kemampuan peserta didik guna mempertimbangkan cara mengajar matematika sesuai dengan kemampuan peserta didik.

B. Mengetahui Kebutuhan Peserta Didik

Dengan mengetahui kemampuan peserta didik seorang Guru Matematika akan mengetahui pula materi apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Mengajarkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan akan lebih efektif dan memberi kesan baru pada setiap pertemuan dan pembelajaran dengan peserta didik.

C. Mengetahui Metode yang Akan Digunakan

Dengan mengenali kemampuan dan kebutuhan peserta didik seorang guru akan lebih mudah dalam menentukan strategi dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan peserta didik. Berbagai metode dan strategi akan muncul secara variatif dan berbeda pada masing-masing peserta didik. Dalam hal ini, seorang Guru Matematika harus lebih mengerti dan memahami dengan segala perbedaan serta variasi yang terdapat pada masing-masing peserta didiknya.

D. Dapat Mengubah Persepsi Negatif terhadap Matematika

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun