Diskon! Lumayan nih. Persediaan stok makanan di rumah juga sudah habis. Promo berupa potongan harga jadi pilihan yang menyenangkan.Â
Segera, setelah memilih produk yang diinginkan, lalu memasukkannnya ke keranjang beli. Sebelum melakukan pembayaran, cek lagi kemungkinan adanya tambahan promo. Setelah itu langsung pesan. Checkout.
Asyik, dapat tambahan diskon 50 ribu. Selanjutnya tinggal tunggu saja dengan manis. Sesekali mata memperhatikan smartphone, sambil tetap melanjutkan aktivitas. Biasanya, ada pesan atau telepon dari pengantar kalau sudah tiba di depan rumah.
Tinggal ambil di depan pintu pagar dari kurir. Soal pembayaran, aku selalu nggak mau pusing dan lebih suka yang mudah saja. Jadi, lebih cepat. Biasanya selalu kubayar nontunai. Dompet digital kuusahakan tidak pernah kosong menjelang adanya diskon-diskon dari marketplace atau e-commerce setiap bulannya.
Surga belanja yang selalu hadir setiap bulan lewat promo dan diskon bertajuk sesuai dengan tanggal bulannya memang begitu menggoda.
Tayangan langsung harbolnas yang lalu menjadi rutin dari marketplace di beberapa stasiun televisi pada tanggal berangka bulan sama, turut mengiming-imingi untuk tidak melewatkan kesempatan berbelanja.Â
Diselingi dengan nyanyian serta tarian, ajakan membeli dari pembawa acara, dan pemberian kesempatan waktu terbatas, membuat semangat belanja terpompa.
Warna-warni Marketplace dan E-commerce
Sejak pandemi datang, frekuensi belanja online-ku memang semakin meningkat. Kalau dulu hanya lihat marketplace jika ada yang dibutuhkan saja, saat ini sesekali mengecek adakah barang yang dibutuhkan sedang diskon? Adakah promo menarik yang ditawarkan merek tertentu atau toko online tertentu.
Lalu, bagaimana ongkos kirimnya? Perlu proteksi supaya barang aman sampai di rumah atau tidak? Berapa lama pengiriman? Ada garansi dari tokonya atau tidak? Kualitas barangnya bagus atau tidak, ya?
Tanpa sadar, sejumlah aplikasi marketplace sudah ter-install di smartphone. Bahkan mulai hapal marketplace yang rajin memberikan diskon tertentu. Pengetahuan tentang promo dan diskon menjadi lebih luas karena grup whatsapp yang biasanya beranggota lebih banyak perempuan atau ibu-ibu ikut meramaikannya.