Mohon tunggu...
Ardi Riantoro
Ardi Riantoro Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Pamulang

Seorang mahasiswa dan akuntan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Tahun 2022

22 Juni 2024   17:42 Diperbarui: 22 Juni 2024   17:46 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pixabay.com

Profil Perusahaan PT. Adira Dinamika Multi Finance

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, lebih dikenal sebagai Adira Finance, didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak didirikan, Adira Finance memiliki visi untuk menjadi perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia. Fokus utama perusahaan ini adalah menyediakan layanan pembiayaan untuk kendaraan bermotor, baik yang baru maupun yang bekas. Melihat peluang besar di pasar pembiayaan, Adira Finance memutuskan untuk melakukan penawaran umum perdana (Initial Public Offering atau IPO) pada tahun 2004. Pada saat itu, Bank Danamon mengambil langkah strategis dengan menjadi pemegang saham mayoritas, memiliki 75% saham Adira Finance. Seiring berjalannya waktu, melalui berbagai tindakan korporasi dan akuisisi saham, kepemilikan Bank Danamon atas Adira Finance meningkat menjadi 92,07%. Dengan kepemilikan mayoritas ini, Bank Danamon memberikan dukungan yang kuat bagi Adira Finance untuk terus berkembang dan meningkatkan layanannya. Adira Finance berkomitmen untuk memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel dan inovatif, memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memiliki kendaraan bermotor.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. yaitu, “Menciptakan nilai bersama demi kesinambungan Perusahaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia”.

Berdasarkan visinya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. mempunyai misi untuk :

  • Menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai dengan siklus kehidupan pelanggan.
  • Memberikan pengalaman yang menguntungkan dan bersahabat kepada pemangku kepentingan.
  • Memberdayakan komunitas untuk mencapai kesejahteraan.

Ada pun tujuan dari pendirian PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. adalah sebagai berikut:

  • Untuk memberi kemudahan masyarakat dalam memiliki kendaraan bermotor.
  • Untuk memberi kemudahan masyarakat dalam memiliki peralatan elektronik.
  • Untuk memberi kemudahan masyarakat dalam menjalankan wisata (Umroh)

Tata Nilai Perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Pada tahun 2022, berdasarkan penilaian dari Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD), PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) berhasil meraih nilai 94,58 dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan. Skor ini masuk dalam kategori "Very Good" menurut ASEAN CG Scorecard, meningkat dari nilai tahun sebelumnya yaitu 92,81.

Dalam penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, perusahaan telah membuat berbagai kebijakan, antara lain Pedoman Tata Kelola Perusahaan, Kode Etik, Pedoman dan Tata Tertib Kerja (Charter) Dewan Komisaris, Direksi dan Komite-Komite di bawah Dewan Komisaris, Pedoman Internal Audit dan Pedoman Lainnya untuk memastikan diterapkannya prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap level. Melalui penerapan dan evaluasi kebijakan-kebijakan ini, Adira Finance berkomitmen untuk terus meningkatkan standar tata kelola perusahaan. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi regulasi tetapi juga untuk memastikan bahwa setiap aspek operasional perusahaan berjalan dengan transparan, akuntabel, dan beretika, demi mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan. 

Perencanaan Strategis dan Operasional PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk telah mengembangkan beberapa strategi untuk meningkatkan bisnisnya, seperti digitalisasi dan diversifikasi produk. Strategi digitalisasi meliputi pengembangan aplikasi Adiraku, momobil.id, momotor.id, dan lain-lain, serta meningkatkan pelayanan dan menawarkan produk yang beragam untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Strategi diversifikasi produk meliputi penawaran produk multiguna, durables, dan lain-lain, serta memperluas jaringan ke bisnis non-otomotif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun