Mohon tunggu...
Rianti Sholiha
Rianti Sholiha Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Uin syarif hidaya

saya suka membaca dan menulis. menulis merupakan cara mengekspresikan perasaan saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Konsep diri, Moral, Emosi, Nilai, Sikap dan Kreativitas

7 November 2024   04:10 Diperbarui: 7 November 2024   07:11 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Self concept atau konsep diri adalah cara dan sikap seorang individu dalam memandang dirinya sendiri. Pandangan atau perspektif diri meliputi aspek fisik maupun psikis, seperti mengenal karakteristik individu itu sendiri, tingkah laku atau perbuatannya, kemampuan dirinya, dan sebagainya. Tak hanya mencakup kekuatan diri individu itu saja, melainkan kelemahan dan kegagalan yang ada pada dirinya. Konsep diri, atau bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri, memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkah lakunya. Seseorang dengan konsep diri positif cenderung lebih percaya diri, berani mengambil risiko, dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan. Sebaliknya, seseorang dengan konsep diri negatif cenderung lebih ragu-ragu, menghindari tantangan, dan memiliki motivasi yang rendah. Konsep diri juga memengaruhi bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana mereka merespons situasi tertentu. 

Konsep diri tidak berkembang secara linier, melainkan terus berubah dan berkembang seiring waktu. Setiap individu mempersepsikan unsur-unsur atau konsep-konsep tentang dirinya berdasarkan pemahaman yang didapatkan pada waktu yang berbeda-beda. Struktur konsep diri berkembang secara hirarkis dan saling terkait, mencapai tingkat perkembangan tertentu yang relatif stabil. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa konsep diri individu secara kontinu akan berkembang dan berubah sepanjang kehidupan. Konsep diri memiliki peran penting dalam kehidupan individu. Salah satu fungsinya adalah untuk mempertahankan keselarasan dalam kehidupan batin. Individu cenderung mempertahankan keseimbangan dalam perasan, pikiran, dan persepsinya. Jika timbul perasaan, pikiran, atau persepsi yang tidak seimbang, konsep diri akan berperan dalam mengembalikan keseimbangan tersebut. Konsep diri juga berfungsi sebagai pedoman dalam berinteraksi dengan lingkungan. Individu cenderung memilih lingkungan yang sesuai dengan konsep dirinya. Misalnya, seseorang dengan konsep diri akademik yang kuat cenderung memilih lingkungan yang mendukung perkembangan akademisnya, seperti perguruan tinggi atau komunitas belajar. 

Emosi adalah respon psikologis dan fisiologis yang kompleks terhadap stimulus, baik dari lingkungan luar maupun dari dalam diri seseorang. Emosi mencakup perasaan subjektif seperti senang, marah, sedih, takut, atau jijik, dan biasanya disertai dengan perubahan fisiologis, seperti peningkatan detak jantung dan perubahan ekspresi wajah. Proses ini melibatkan pikiran, perasaan, sensasi fisik, dan dorongan untuk bertindak. Emosi dapat dipicu oleh berbagai peristiwa dan bisa bersifat positif, seperti kegembiraan, atau negatif, seperti kesedihan. Perkembangan emosi dimulai sejak bayi yang menunjukkan perasaan dasar, kemudian berlanjut seiring bertambahnya usia dengan kemampuan yang lebih kompleks untuk mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi. Pada masa remaja, individu mengalami emosi yang lebih mendalam dan kompleks seperti cinta dan kecemburuan, serta belajar untuk memahami emosi orang lain dan berempati.

Perkembangan moral, nilai, dan sikap adalah proses saling terkait yang membentuk perilaku individu. Moral merupakan prinsip yang mengatur tindakan baik dan buruk, berakar dari budaya dan agama. Nilai adalah keyakinan individu tentang apa yang penting, seperti kejujuran dan keadilan, yang memandu keputusan dan interaksi sosial. Sikap mencerminkan kecenderungan individu untuk bereaksi terhadap situasi tertentu, dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungan. Remaja mengalami perubahan signifikan dalam ketiga aspek ini, dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, teman sebaya, dan budaya, yang membentuk karakter dan hubungan interpersonal mereka. Keluarga berperan sebagai lingkungan awal yang membentuk karakter dan moralitas anak melalui interaksi langsung dan teladan yang diberikan orang tua. Sekolah berfungsi sebagai tempat pendidikan formal yang mengajarkan nilai-nilai moral dan sosial melalui kurikulum dan perilaku guru. Teman sebaya juga memiliki pengaruh signifikan, baik positif maupun negatif, dalam membentuk sikap dan perilaku remaja. Keseluruhan interaksi ini membantu remaja dalam mencari identitas diri dan memahami norma-norma sosial yang berlaku.

Kreativitas anak adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif, yang berkembang melalui proses berkelanjutan dipengaruhi oleh faktor genetik, pengalaman, dan lingkungan sosial. Pada usia 5-6 tahun, anak menunjukkan kreativitas tinggi, yang dapat ditingkatkan melalui eksplorasi, eksperimen, dan dukungan dari orang tua serta guru. Tahapan proses kreatif meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Karakteristik anak kreatif termasuk keingintahuan tinggi, imajinasi kaya, dan kemampuan memecahkan masalah. Lingkungan yang mendukung sangat penting untuk mendorong kreativitas mereka dalam menghadapi tantangan masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun