Mohon tunggu...
riani nur arsyyah
riani nur arsyyah Mohon Tunggu... -

accounting UPI'13

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengusaha Muda yang Merintis Usahanya Dari Nol Hingga Sukses

5 November 2013   18:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:33 23915
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1383654523200681094

Menjadi seorang  wirausaha muda sukses itu tak semudah membalikkan telapak tangan dan juga tak sesulit mengambil bintang di langit. Banyak proses yang perlu di lalui, banyak pengalaman yang perlu didapati dan juga banyak hal yang masih perlu dipelajari.

Untu kitu, selagi masih muda, mencobalah untuk berbisnis atau berwira usaha. Tak perlu usaha yang memerlukan modal berjuta-juta. Cukup dengan modal yang minim atau menjalankan usaha tanpa modal usaha yang dijalankan akan berhasil dan sukses.

Bicara mengenai wirausahawan muda yang sudah sukses. Sebenarnya di Indonesia sudah banyak sekali, walaupun tingkat kesuksesan seseorang itu berbeda-beda.

Seperti seorang anak muda yang bernama Ayudia Hapsari yang mulai berbisnis ketika masih sekolah dari tahun 2008 hingga sekarang. Dengan di bantu ibunya ia bisa menjual sekitar 8 cake setiap minggunya, itupun dengan modal yang sangat minim sekali.

Tidak mempunyai latar belakang bisnis, ia lulusan dari Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni jurusan Bahasa Indonesia. Motivasi ia membuka bisnis adalah “ingin membuka lapangan pekerjaan sendiri dan bias mempekerjakan orang lain dibandingan meminta dan mengemis pekerjaan kepada orang lain” itu ucapnya dalam obrolan kami. Sasaran pembeli utama ia adalah kalakang Mahasiswa, maka dari itu tidaklah heran harga yang ditawarkan cukuplah terjangkau.

Bermula dari berjualan di kampus dengan penghasilan yang tidak menentu dan sekarang ia sudah mempunyai penghasilan tetap sebesar 2,5juta/bulannya, “tidaklah mudah mendapatkan hasil manis seperti itu ada jatuh bangunnya dalam suatu bisnis dan itu yang membuat bisnis kita maju” itu yang diuraikannya.

Dalam keinginannya untuk menjalankan bisnis pastry itu. Kemudian dia berkeinginan mempunyai lebel sendiri agar bias dikenal oleh orang banyak. Dan pada Juli 2012 ia mempunyai lebel untuk bisnisnya yang diberi nama Tina Licious Bandung.

Dan sekarang bisnisnya pun dikenal di berbagai Universitas Negeri di Bandung. Agar bisnisnya semakin diminati oleh kalangan Mahasiswa khususnya ia membuat strategi bisnisnya dengan memasang iklan-iklan di berbagai akun twitter Universitas di Bandung dan memberikan bonus kue di berbagai kuis di akun twitternya. Itulah strategi bisnis yang cukup baik untuk memulai bisnis.

“Berbisnis itu bukan hanya mencari penghasilan, didalam bisnis kita juga belajar untuk bersabar, berbagi dan bangkit juga pantang menyerah.” Itulah yang menjadi semangat dalam berbisnisnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun