Pandemi covid19 yang terus berlanjut hingga saat ini, menyebabkan dampak besar terhadap sistem pembelajaran anak-anak. Banyak keluhan dari orang tua siswa karena minat belajar anaknya semakin berkurang karena lebih banyak bermain. Latar belakang tersebut yang menyebabkan penulis sebagai mahasiswi Universitas Jember (http://unej.ac.id), peserta KKN BTV 3 dari kelompok 14 dengan DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes. bergerak untuk meningkatkan budaya literasi kepada anak usia dini dan anak sekolah dasar. Kegiatan KKN BTV 3 ini dilaksanakan selama 30 hari, sejak tanggal 11 Agustus 2021 sampai 9 September 2021. Penerapan program kerja dengan tematik program literasi desa pada masa pandemi covid19 dipilih penulis untuk membantu anak-anak dalam pendampingan sistem pembelajaran berbasis offline dan online yang menyenangkan.
Sistem pembelajaran yang dilakukan secara offline yaitu melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk meperingati HUT RI, karena KKN BTV 3 dilaksanakan bertepatan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara offline meliputi menggambar dengan tema kemerdekaan, membuat bendera dengan kertas minyak dan menyanyikan lagu Hari Merdeka pada tanggal 17 Agustus. Tujuan dari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara offline tersebut adalah menumbuhkan jiwa literasi budaya dan kewargaan pada anak-anak.
Sistem pembelajaran yang dilakukan secara online yaitu melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk mengenalkan platform yang dapat menunjang sistem pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak. Adapun kegiatan sosialisasi pertama yang dilaksanakan secara online yaitu meliputi sosialisasi pengenalan sistem media pembelajaran menggunakan Youtube kids. Selain melaksanakan sosialisasi pengenalan melalui Youtube kids, penulis juga melaksanakan pendampingan untuk mengenal nama buah dan nama hewan dalam bahasa inggris melalui Youtube kids, serta mendampingi dalam mengenal lagu-lagu nasional yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa literasi budaya dan kewargaan.
Kegiatan sosialisasi kedua yaitu melaksanakan pengenalan dan pendampingan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dengan gartic.io. Kegiatan sosialisasi ketiga yaitu melaksanakan pengenalan dan pendampingan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dengan quizizz. Gartic.io dan quizizz dipilih bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak secara visual, karena anak-anak cepat mengingat dari sesuatu yang dilihat. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan minat belajar anak-anak dengan berbagai literasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H