[caption id="attachment_399251" align="aligncenter" width="475" caption="Sumber Gambar : www.wsandb.co.uk"][/caption]
Pernahkah Anda mengalami rasa malas saat jam kerja? Ini sangat wajar tentunya. Rasa jenuh timbul ketika kita melakukan aktivitas yang sama atau monoton setiap harinya. Apalagi menjelang siang atau sore hari, otak kita rasanya sudah panas sehingga jadi blank atau susah konsentrasi pada pekerjaan yang akhirnya hanya menimbulkan ketidaknyamanan dalam bekerja karena sebentar-sebentar kita akan menguap, gelisah, tidak fokus, lapar & haus, menggerak-gerakkan badan karena mulai kurang nyaman dengan posisi duduk atau bahkan ada perasaan kesal & marah dengan diri sendiri atas kondisi tersebut. Apalagi jika sedang menghadapi masalah di luar yang terbawa hingga ke kantor, tentu akan sangat menyiksa. Sekalipun kita sudah menyiapkan berbagai minuman panas untuk menyegarkan tubuh, cara ini tidak selalu berhasil karena kadang justru menambah rasa ngantuk yang lebih besar. Cerita pasti berbeda dengan mereka yang setiap harinya melakukan kesibukan di rumah. Ketika capek beraktivitas, dengan mudahnya mereka dapat merebahkan badan di tempat tidur, santai bahkan bisa tertidur dengan nyamannya. Hehe...
Okay… Saya juga seorang pekerja kantoran yang sangat sering merasakan kondisi tidak mengenakkan ini. Tapi secara perlahan, saya mulai mencari bagaimana cara mengatasinya walaupun sebenarnya lumayan sulit karena rasa malas dan jenuh saat ngantor sepertinya sudah mendarah daging di diri saya sejak dulu, apalagi jika saya sedang menyelesaikan pekerjaan yang lumayan menguras otak dan tenaga. Hihihi….
Tips ini adalah pengalaman pribadi saya. Mungkin agak aneh, tapi ini sangat bisa membantu mengurangi rasa jenuh, malas atau ngantuk saat bekerja di kantor:
1. Chat orang terdekat melalui WA, BBM, Line, SMS dll atau Telepon Singkat
Ya, lakukan komunikasi melalui chat dengan keluarga, orang terdekat, sahabat atau orang lain yang kita anggap dapat membuat kita tertawa sejenak atau menghidupkan kembali suasana “jenuh” tadi. Topik pembicaraan bebas, tergantung selera dan kebiasaan saat berkomunikasi dengan orang tersebut. Apalagi jika dihiasi dengan kiriman meme atau emoticon lucu, pastinya bisa membuat kita tertawa dan terhibur. Jika Chat ini belum mempan mengembalikan konsentrasi Anda, boleh deh komunikasi lewat pembicaraan telepon misal ada kelebihan pulsa. Dengan mengeluarkan suara juga dapat membantu mengembalikan mood kita yang mulai pudar tadi. Tentunya butuh waktu sebentar saja, tidak perlu lama-lama agar tidak menganggu waktu kerja Anda.
2. Minum air putih yang banyak
Kenapa saya sarankan ini? Karena pada dasarnya ketika menjadi karyawan kantoran, apalagi sebagai staf yang kerjanya hanya duduk seharian selama berjam-jam tentu akan membuat tubuh kita jarang gerak. Oleh karenanya, banyak ahli kesehatan juga ikut menyarankan agar kita yang kerja kantoran (missal staf dalam) bisa minum air putih lebih banyak daripada mereka yang kerjanya aktif atau mobile kesana kesini (misal marketing atau Public Relation). Ya, minimal 1L- 2L dalam waktu 8-9 jam kerja. Jika sebentar-sebentar minum, dalam waktu sekitar 1 jam pasti kita merasa ingin buang air kecil dan disitulah kita akan bergerak untuk berjalan ke kamar kecil. Jadi, frekuensi buang air kecil ke kamar mandi yang semakin besar ini selain dapat menyehatkan tubuh, juga dapat mengurangi rasa jenuh dengan pekerjaan karena secara otomatis kita melakukan aktivitas mobile/berpindah. So, kita tidak jadi ngantuk deh :D
3. Tonton Video Lucu
Ini juga aktivitas simpel sebenarnya. Video lucu bisa disimpan di HP masing-masing atau jika ada akses internet, buka saja di Youtube atau download saja sehingga sewaktu-waktu kita butuh hiburan, bisa langsung bisa ditonton. Ada banyak pilihan video lucu yang dapat memancing kita tertawa sehingga secara otomatis otak mengirim sinyal bahagia dan terjadi refresh tubuh yang baik. Kita akan merasa lebih segar, santai, mengurangi rasa stress atau kejenuhan. Untuk saya pribadi, saya punya video lucu yang selalu bikin saya ngakak dan langsung memperbaiki mood saat jenuh di kantor, buka DISINI.
Ini adalah video favorit saya ketika ingin mendapat penyegaran rohani. Hahaha
4. Basahi Telinga dengan Air
Mungkin ini tips yang sedikit aneh, namun saya sudah membuktikan sendiri khasiatnya. Selama ini banyak orang berasumsi bahwa saat kita jenuh atau ngantuk, silahkan basahi mata dengan air atau cuci muka biar segar kembali. Tapi cara ini terkadang kurang pas ketika kondisi wajah kita sedang berkeringat atau saat cuaca sangat panas, mungkin kurang baik jika langsung tersentuh air karena justru tidak menyehatkan. Dulu seorang teman mengatakan, saat ngantuk silahkan basahi telinga dengan air, dijamin deh nanti up lagi. Setelah saya praktekkan, ternyata memang terbukti. Telinga menurut ahli kesehatan merupakan salah satu pusat keseimbangan tubuh. Mungkin saja ini yang menyebabkan kita bisa merasakan kesegaran di seluruh badan ketika telinga dibasahi dengan air… (maaf, kalau ini opini pribadi….hehehe)
5. Rebahkan Kepala di Meja Kerja, 15-30 menit saja
Ini juga sangat bermanfaat bagi saya ketika mengalami jenuh dan ngantuk yang luar biasa di depan layar komputer. Mata capek membuat otak cepat lelah sehingga saya sering tiduran dengan merebahkan kepala di meja kerja. Dalam waktu singkat, sejenak kita mungkin akan tertidur namun takkan bisa lama karena hiruk pikuk yang terjadi di dalam kantor. Saat kita terbangun kembali, kita akan merasakan kondisi badan yang lebih rileks, ringan dan otak yang segar kembali. Untuk tips di point ini, sebaiknya Anda lakukan saat jam istirahat agar Anda tidak dicap sebagai pemalas karena tidur di jam aktif kerja. Hihihi….Penasaran dengan sensasinya? Silahkan dicoba :D
Inilah tips ringan dari saya untuk mengatasi rasa malas, jenuh atau ngantuk saat ngantor. Bisa juga dimanfaatkan dimana pun, misal saat kuliah, seminar atau berbagai kegiatan lainnya yang kadang menimbulkan rasa boring. Tapi, jangan lakukan ini terlalu lama ya nanti bisa-bisa pekerjaan Anda malah terhambat gara-gara keasyikan nonton video lucu, sibuk BBMan dengan orang lain atau bahkan kelamaan tidur. Hehehe.. Kuncinya adalah kontrol waktu, agar semua tetap berjalan dengan seimbang & menyenangkan. Dan yang utama, cintai pekerjaan kita apapun kondisinya. Dengan mencintai apa yang kita kerjakan, tentu hasil yang akan didapat juga lebih baik dan memuaskan.
Tips mengatasi rasa jenuh atau ngantuk ‘ala saya’ ini mungkin berbeda dengan pemikiran pembaca lainnya. Jadi mohon maaf jika ada yang kurang sesuai. Jika Anda punya tips lainnya yang lebih jitu, yuk share saja disini biar bisa jadi tambahan referensi bersama.
Terimakasih, Riana Dewie