Mohon tunggu...
Ria Istiqomah
Ria Istiqomah Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas PAUD

suka jajan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Media Loose Part terhadap Pemahaman Konsep Bilangan

21 Desember 2023   19:20 Diperbarui: 21 Desember 2023   22:19 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Media Loose part diartikan sebagai bahan-bahan yang terbuka, dapat terpisah, dapat dijadikan satu kembali, dibawa, digabungkan, dijajar, dipindahkan, dan digunakan. Jadi media ini bisa digunakan dan dibentuk sesuai dengan imajinasi masing-masing anak, maka tak heran jika loose part dapat membantu mengekspresikan kreativitas tanpa batas. Bahan-bahannya pun juga ada yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. 

Kemampuan membilang merupakan kemampuan untuk mengetahui jumlah bilangan pada objek dan menghubungkannya dengan lambang bilangan. Kemampuan membilang berkaitan dengan pemahaman konsep bilangan. Pada anak TK kelompok A usia 4-5 tahun, kemampuan membilang adalah anak dapat membilang dari satu sampai dengan sepuluh. Berikut beberapa manfaat dari penerapan media loose part antara lain : Anak akan lebih aktif dalam memecahkan masalah. Memotivasi anak untuk memahami konsep secara mendalam tentang angka 1-10. Mengasah keterampilan pemecahan masalah misal bagaimana caranya menyortir serta mengelompokkan. Mengasah kreativitas anak dalam membuat suatu karya. Membantu mereka mengembangkan kemampuan belajar mandiri dengan cara berusaha menyelesaikan tugas telah yang diberikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun