Mohon tunggu...
Rhohani Izam
Rhohani Izam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa pendidikan matematika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model Pembelajaran Dick & Carey

3 Juni 2024   20:28 Diperbarui: 3 Juni 2024   20:32 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model Pembelajaran Dick & Carey adalah sebuah model desain pembelajaran yang berbasis sistem dan mencakup sejumlah komponen yang diperlukan untuk mewujudkan pengalaman belajar yang efektif dan efisien.

Dalam model Dick & Carey terdapat 10 rancangan pembelajaran, yaitu :

1. Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran : Tahap awal adalah menentukan kebutuhan siswa agar dapat menentukan tujuan untuk dicapai.

2. Analisis Tugas Pembelajaran :  Analisis tugas untuk menentukan desain pembelajaran yang sesuai dengan tugas yang harus dikuasai oleh peserta didik dan kemampuan yang harus dimiliki.

3. Analisis Tugas Pembelajaran : Tahap ini melibatkan analisis keterampilan-keterampilan yang perlu diberikan atau dibelajarkan dan tahapan prosedur yang perlu dilalui, serta mengingat keterampilan awal yang telah dimiliki siswa.

4. Merumuskan Tujuan Kinerja : Tujuan kinerja atau tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas dan spesifik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Menjelaskan Strategi Pembelajaran : Strategi pembelajaran harus didasarkan pada analisis peserta didik, konteks, dan tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan harus memfasilitasi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

6. Memikirkan dan Memilih Bahan Ajar : Bahan ajar harus dipilih atau dikembangkan berdasarkan analisis peserta didik, konteks, dan strategi pembelajaran. Bahan ajar dapat berupa buku teks, handout, bahan multimedia, dan bahan lain yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran.

7. Melakukan Revisi Terhadap Desain Pembelajaran : Langkah ini meliputi peninjauan hasil proses evaluasi formatif dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan keefektifannya dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.

8. Mempelajari dan Memilih Bahan Ajar : Tahap ini mengembangkan dan memilih bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang digunakan.

9. Melakukan Evaluasi Formatif dan Summatif : Evaluasi formatif dan sumatif dilakukan untuk meninjau hasil proses evaluasi dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan keefektifannya dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun