Permainan Kreatif AUD
Judul : Menggambar dengan menggunakan angka
Tema : Bintang/Hewan
Subtema : Mengenal nama-nama hewan dengan menggambarÂ
Menggambar adalah aktivitas menggoreskan pensil kedalam sebuah bentuk, dan selalu menngunakan pensil atau crayon untuk membentuk suatu pola. Angka dapat dibentuk dengan berbagai macam bentuk hewan. Misalnya angka 1 menjadi Ulat, 2: Angsa, 3: Bebek, 4: Tikus, 5: Kura-kura, 6: Ular, 7: Jerapah, 8: Beruang, 9: Ikan, 0: Kucing. Permainan ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak.
Media yang digunakan untuk menggambar:
- buku gambar
- crayon/pensil warna
- pensil
- penghapus
- jam karpet
 Cara bermainnya:
- anak duduk ditempat masing-masing yang telah disediakan
- tunjukkan jam karpet sebagai media untuk bermain
- minta anak salah satu untuk maju dan memutar jam karpet
- lalu jam karpet akan berputar dan berhenti menujukkan angka sesuai putarannya
- jika jarum jam tersebut berhenti menunjukkan angka, misalkan angka 2, maka anak-anak disuruh untuk menggambar hewan Angsa yang akan didemonstrasikan oleh guru dipapan tulis
- setelah anak selesai menggambar mintalah untuk mewarnai gambaran tersebut
- kemudian lakukan permainan tersebut sesuai dengan diatas tadi
Contoh gambar:
Nama-nama Hewan
ayo-ayo kawan mari kita sebutkan
nama-nama hewan ciptaan Tuhan
ulat, angsa, bebek, tikus, kura-kura
ular, jerapah, beruang, ikan dan kucing
mari kita berhitung 1 sampai 10
ada angka 1 seperti ulat , 2 itu angsa
3 ada bebek, 4 itu tikus
ke 5 kura-kura, 6 itu ular
7 jerapah, 8 beruang 9 ikan
ada yang terakhir itu angka 0
berbentuk bulat seperti muka kucing
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H