(100motivasi.wordpress.com)
Pengetahuan tanpa praktek seperti buku yang tak pernah dibaca. -Christopher Crawford
Di dalam suatu organisasi seperti perusahaan, para pemimpin membuat keputusan eksekutif yang menentukan pilihan strategis untuk kemajuan organisasi atau perusahaannya. Dan kemajuan tersebut didapatkan dari eksekusi strategi yang telah ditetapkan.
Sayangnya, banyak detail dari strategi yang menyimpang bahkan hilang pada saat para manajer mendelegasikan eksekusi dari strategi perusahaan kepada para karyawan.
Lalu, bagaimanakan manajemen perusahaan mengimplementasikan strategi ke tahap eksekusi secara tepat?
Sebelumnya, saya telah menuliskan di blog 100motivasi.wordpress.com ini tentang disiplin eksekusi beserta kunci kesuksesan penerapan disiplin ini ke dalam diri karyawan. Silahkan baca disini dan disini. Selanjutnya, saya akan memaparkan cara pemimpin mengaplikasikan strateginya menjadi eksekusi.
Tiga Faktor Eksekusi Strategis
Pertama-tama, para pemimpin harus membentuk komitmen secara bulat dari seluruh karyawan sebagai dasar pelaksanaan strategi atau eksekusi di semua lini pekerja.
Caranya adalah dengan integrasi berbagai fungsi dan divisi di dalam perusahaan untuk menciptakan konsensus, khususnya di antara para pemimpin tim kerja. Afiliasi kepemimpinan antar tim perlu dijaga seperti juga kekompakan di dalam tim itu sendiri.
Hal ini dilakukan dengan merekrut orang-orang yang tepat dan kompeten yang juga bersedia berdisiplin dan mau bekerja sama dengan siapapun baik di dalam maupun di luar departemennya. Pemimpin harus bisa tegas dan keras dengan hanya memilih orang-orang yang kompeten dan berkomitmen.
Komunikasi Strategi