Ada kalanya kita bingung ketika hendak mengirimkan barang ke luar negeri. Apalagi misalkan ini adalah pengalaman pertama kalinya anda diharuskan mengirim barang ke luar negeri. Biasanya yang menjadi pertimbangan adalah "aduh..mahal gak ya?". Tidak salah anda khawatir mengenai harga, apalagi mungkin anda adalah seorang pedagang / personal seller yang harus memperhitungkan profit. Namun jarang orang yang berpikiran "Kira-kira kalau kirim pakai jasa pengiriman ini, barang saya aman gak ya sampai tujuan?"
Coba bayangkan ketika anda sudah deal dengan pembeli, dan ketika dikirim ternyata sampai sana barang rusak / pecah. Pembeli kecewa. Lalu Pembeli minta pertanggung jawaban anda. Anda menyalahkan jasa pengiriman. Parahnya lagi Jasa Pengiriman tersebut hanya minta maaf saja, tidak bertanggung jawab dan memberikan solusi atas permasalahan ini. Terjadilah saling menyalahkan. Akhirnya bukannya untung malah buntung.
Nah, kami ingin memberikan beberapa tips atau kiat untuk memilih Jasa pengiriman yang baik untuk anda untuk menghindari permasalahan yang biasa terjadi di atas:
- Mudah Dihubungi. Â Nah, mudah dihubungi saja dulu deh. Apa jadinya kalau kita ingin menghubungi jasa yang bersangkutan saja sulit. Paling tidak di jaman now ini, setidaknya sudah memiliki Website dan email. Akan lebih meyakinkan lagi apabila memiliki akun social media seperti twitter, instagrams atau facebook.
- Komunikasi Aktif = Komunikatif . Pastikan bahwa Jasa Pengiriman tersebut mau benar-benar memahami keinginan dan kebutuhan anda. Besar kecilnya suatu Perusahaan Jasa Kiriman belum tentu memiliki kemampuan ini. Tidak sedikit perusahaan akan memberikan kualitas layanan sesuai dengan tingkat revenue akan didapatkan dari anda.
- Harga Transparan. Jangan terkercoh dengan kata 'murah'! Karena tidak ada artinya kata murah apabila anda misalnya masih harus mengantar barang sendiri ke kantor jasa pengiriman tersebut. Berarti anda masih harus memperhitungkan biaya-biaya yang tidak terlihat seperti: transport (bensin) dan waktu. Kecepatan waktu pengantaran (Lead Time), biaya pengemasan (Packing), biaya-biaya yang akan muncul di Negara tujuan (Customs Duty, Terminal Handling, etc) adalah beberapa hal yang patut diperhitungkan pula. Nah, menarik kan.
- Bisa Dilacak / Traceable. Nah, ini salah satu hal yang penting. Ada seharusnya sudah tidak perlu repot lagi selalu menghubungi sales ataupun customer service jasa pengiriman tersebut hanya untuk sekedar menanyakan kirimannya sampai dimana. Melalui website atau aplikasi, seharusnya pengirim dapat melacak pengirimannya.
Nah, bagaimana? Seharusnya Anda sudah memiliki bayangan untuk menentukan jasa pengiriman mana yang akan Anda gunakan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H