Mohon tunggu...
Zakiah Hanim
Zakiah Hanim Mohon Tunggu... melangkah menujuMu -

bukan siapa siapa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

TTM, Icon Produk dan Jasa baru Thailand, Indonesia Kapan ?

24 Januari 2012   19:06 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:29 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Thailand kembali unjuk gigi di pasar dunia dengan merubah Department of Export Promotion (DEP) pada 18 januari 2012 menjadi Department of International Trade Promotions (DIPT . Perubahan nama ini sebagai cermin adanya perubahan struktur dan peran DITP yang akan lebih mengedepankan kualitas produk thailand dengan mengusung icon TTM (bukan Teman Tapi Mesra lho.....  tapi  “Thailand Trusteed Mark”).

 TTM dimaksud hanya digunakan oleh anggota atau eksportir dan perusahaan yang terdaftar di thailand. TTM merupakan pengganti icon lama yang telah diperkenalkan sejak tahun 1990 yaitu “thailand brand” yang sudah cukup terkenal dipasar dunia. Penggantian ini dilakukan pemerintah thailand sebagai bagian dari kebijakan pengembangan perdagangan dalam rangka persiapan integrasi ASEAN Economic Community (AEC) tahun 2015.

Dengan lahirnya icon TTM dimaksud thailand berani memastikan bahwa barang dan jasa yang diproduksi di thailand berstandar internasional. Bahkan lebih jauh dari itu TTM memberi jaminan bagi konsumen yang menggunakan produknya dengan menawarkan “trusted quality”. Icon baru tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah, daya saing dan kepercayaan dunia terhadap produk dan jasa thailand.

Sebelum menjadi DIPT, visi dan misi DEP thailand kurang lebih sama dengan visi dan misi NAFED (National Agency For Export Development) atau badan pengembangan ekspor nasional, namun sejak tahun lalu (2011) badan ini berubah menjadi direktorat jenderal pengembangan ekspor nasional dan masih sama dibawah kemendag. Bedanya kalo DEP sudah mengusung icon “thailand brand” sejak tahun 1990, nafed/dgned belum melahirkan icon “indonesia brand”.

 Haloo nafed eh dgned kapan dunk   indonesia punya icon indonesia brand ? (nanya diri sendiri).

 

catatan : dari berbagai sumber

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun