Ada sebuah lirik lagu yang berbunyi
Darah muda darahnya para remaja
Yang selalu merasa gagah
Tak pernah mau mengalah
Masa muda masa yang berapi-api
Yang maunya menang sendiri
Walau salah tak peduli
(Rhoma)
Masa remaja adalah masa dimana mereka meluangkan waktu untuk bermain, nongkrong bersama, Â bersenang senang dengan teman seuisanya. Lain cerita dengan yang terjadi pada Erin, ia lahir dari keluarga yang kurang mampu. Sehingga setiap hari orang tuanya menuntut anaknya untuk selalu belajar dan belajar, karena mereka beranggapan jika Erin berprestasi otomatis ia akan mendapat beasiswa. Paling tidak akan mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh orang tuanya.
Hingga suatu hari, ketika akan dilaksanakannya ujian akhir semester (UAS). Erin sangat berambisi untuk menjadi juara satu. Entah dengan cara bagaimana, ia menghalalkan segala cara agar nilainya bagus. Salah satunya adalah dengan cara mencontek.
Mencontek adalah kegiatan menyalin, meniru, memindah pekerjaan orang lain untuk mendapatkan keuntungan dirinya, dan juga menyontek dipercaya sebagai jalan pintas untuk mendapat nilai baik melalui jalan yang kurang benar.
Nah, dari situ apa dongg peran guru BK dalam mengatasi siswa yang demikian. Apakah hukuman saja sudah cukup bagi siswa yang berbuat curang atau menyontek tersebut.Â
Untuk itu strategi konseling sangat dibutuhkan pada kasus demikian. Agar tercapainya keberhasilan dalam proses konseling maka diperlukannya pemahaman, sikap serta keterampilan guru konseling.
Dari sekian banyak intervensi yang sering digunakan guru BK adalah menggunakan strategi manajemen diri. Model strategi ini menekankan bagaimana pentingnya klien dalam merubah diri sendiri dan oleh dirinya sendiri. Model ini bisa diterapkan dengan pengawasan terhadap diri sendiri, misalnya pengawasan terhadap kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang biasanya sering dilakukan (mencontek). Di samping itu guru konseling harus senantiasa memberikan pemahaman, pengarahan serta dampak yang disebabkan dari perilaku mencontek tersebut.
Kegiatan mencontek sebenarnya secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk lebih mempercayai pekerjaan orang ketimbang dengan pekerjaan kita. Dan dari kegaiatan mencontek ini biasanya akan membuat munculnya rasa malas belajar dan pudarnya rasa tanggungjawab atas apa yang telah diamanahkan kepada peserta didik.
Dengan model strategi ini diharapkan Erin mengalami kemajuan dalam pola pikirnya serta dia mulai sadar bahwa perbuatan yang dilakukannya kurang baik.
Sampai jumpa......