Reza Baskara Adi
Reza Baskara Adi Mohon Tunggu... -

E-mail : Baskara_reza@yahoo.co.id || Twitter : @Rezabaskara1 || Facebook : Reza Baskara Adi

Cara Hemat ke Kuala Lumpur

15 Juli 2013   00:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:33 2781

Pada tanggal 26 Oktober 2012 saya bersama seorang teman mendapatkan kesempatan untuk 'liburan' ke Kuala Lumpur (Maaf, tidak menyebut Malaysia. :D). Saya berada disana 3 hari 2 malam. Yang perlu disiapkan untuk pergi ke luar negeri :

1. Passport ; untuk pemeriksaan keimigrasian.
  2. Peta tempat yang ingin kita tuju atau setidaknya mempunyai sedikit informasi yang bisa membantu perjalanan anda
  3. Perllengkapan secukupnya.
  4. Stopkontak converter  ; karena tidak semua negara stopkontaknya sama.
  5. uang saku secukupnya.

Awal mulanya, pada tanggal 29 Maret 2012 saya sudah punya keinginan untuk pergi ke luar negeri jauh-jauh hari sebelumnya. Saya berminta browsing www.airasia.com mencari tiket promo ke Kuala Lumpur untuk dan pada saat itu maskapai airasia membuka rute penerbangan baru Semarang-Kuala Lumpur (SRG-KUL). Dan sampai akhirnya saya menemukan promo penerbangan murah untuk rute SRG-KUL. Saya dapat harga tiket 460 ribu PP (SRG-KUL, KUL-SRG). pada saat itu, periode booking dibuka tanggal. 29 Maret - 1 April. dan periode terbang  1 September - Desember. Diantara tanggal periode terbang tersebut kita bisa menentukan tanggal yang kita mau. Dan akhirnya saya putuskan untuk booking tiket tersebut karena mumpung ada rejeki dan itu kesempatan yang langka ini. saya langsung kontak teman saya dan diajuga menyatakan oke. dan pada saat pemesanan itu saya putuskan untuk memilih tanggal yang tepat yaitu, berangkat tanggal. 26 Oktober 2012 dan pulang 29 Oktober 2012. Lalu saya booking online melalui website. dan pembayaran dilakukan menggunakan BCA Klik Pay. Saya berangkat dari Semarang setelah shalat ied (Idul Adha). kamipun shalat ied di dekat Bandara. Karena takut terlambat. Kami menggunakan penerbangan AK 1311 jam 8.55AM setelah shalat ied kamipun langsung menuju ruang boarding,  dan 1 jam kemudian kami terbang ke Kuala Lumpur dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam. Tibalah kami di Bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal ) Kuala Lumpur. LCCT sebenarnya merupakan terminal cargo. maka dari itu, Airasia berani membuka harga murah karena mereka menggunakan terminal cargo. Jika maskapai komersil biasa mereka akan mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Disana, Kami sudah mebuat janji dengan salah satu teman saya yang bekerja di Selangor, Malaysia. Kami menetepkan janji untuk bertemu di KLCC (Kuala Lumpur City Centre). setelah mendarat di LCCT kami bergegas menuju KLCC dengan menggunakan Bus (orang malaysia sering menyebutnya 'Bas'). karena baru awal, Kami sebenarnya salah karena kami langsung menuju KLCC sehingga  kena ongkos RM 18  (1 RM= Rp 3110,- ). dan akhirnya kamipun bertemu di KLCC tepatnya di Mall Suria. Lalu saya cerita sama teman saya, saya diberikan alternatif yang bisa lebih murah yaitu, dari LCCT kita menuju terminla KL sentral ongkosnya jauh lebih murah yaitu hanya RM 10 . Lalu naik LRT (Light Rail Transit) turun di KLCC itu hanya RM 1,5. Lalu kami langsung menuju menara Petronas yang berada persis di sebelah mall kami bertemu. kami diantar teman keliling KLCC dan akhirnya menikmati suasana Kuala Lumpur di sore hari di sebuah taman di belakang mall Suria dengan latar belakang menara kembar Petronas (Twin Tower).

Lalu, setelah malam tiba, kami memutuskan untuk meninggal KLCC untuk mencari penginapan. Kami diarahkan teman saya untuk mencari penginapan di sekitar Petaling Street (Pusat oleh-oleh). walaupun sebenarnya di Kuala Lumpur banyak juga tetapi sedikit mahal karena di pusat kota. Dari KLCC menuju petaling street dibutuhkan waktu sekitar setengah jam menggunakan LRT (Light Rail Transit). dan ongkosnya hanya RM1,2. Sebelum menemukan penginapan, kamu keliling pasar seni dulu (Pusat oleh-oleh) melihat-lihat situasi dan melihat barang-barang yang akan kami beli esok buat oleh-oleh. setelah 2 jam berkeliling kami akhirnya menemukan penginapan 'Red Dragon'. Biaya per malamnya hanya RM 45 . kami menyewa untuk 2 malam dan mencari yang double bed. yang berarti setiap orang mengeluarkan biaya RM45 untuk patungan menyewa kamar. Keesokan harinya kami (Hari sabtu) kami bergegas menuju 'Genting Highland' yang wajib dikunjungi jika Anda pergi ke Malaysia. Genting Highland merupakan wahana wisata di puncak tertinggi dataran malaysia yang menyediakan wahana permainan indoor dan outdoor. Untuk menuju ke wahana Genting Highland kita menggunakan Moda Bus Resort World Genting dengan ongkos 8RM yang sudah terintegrasi dengan Skyway untuk menuju wahana Genting Highland. Akan tetapi antrian untuk naik skyway sangat panjang bahkan berdiri menunggu antrian selama 45 menit. setelah itu sampailah pada giliran kami untuk menuju ke wahana Genting Highland. Jika kita ingin menuju Genting Highland kita harus membeli tiket bus nya PP langsung. apabila tidak, Anda akan kehabisa tiket untuk kembali ke kota. karena pengunjungnya sangat ramai. Waktu kami di Genting habis untuk mengantri skyway. dan kamipun terpkasa hanya menikmati wahana permainan indoor disana. Akan tetapi kamin sangat menikmati nya.

Setelah selesai menuju Genting Highland kami kembali ke penginapan menggunakan bus yang sama dengan harga tiket yang sama.

Keesokan harinya hari terakhir kami keliling KL, kami kembali diantar teman untuk menuju keliling Kuala Lumpu kembali. Kami membeli sedikit cinderamata khas Kuala Lumpur dan  Kami mengunjungi masjid jamek, Dataran merdeka, Gallery Kuala Lumpur dan pada akhirnya kembali menuju KLCC untuk menikmati pertunjukan artistik sebuah air mancur yang bisa bergoyang mengikuti alunan musik di Taman belakang Mall Suria yang awal saya bertemu teman saya.

Setelah dari KLCC, kami langsung menuju ke terminal Bus KL sentral untuk kembali ke LCCT dan bermalam di bandara karena penerbangan pagi. Jadi intinya dengan uang saku 1 juta kita bisa berkeliling Kuala Lumpur 3 hari 2 malam. itu pun masih sisa. asalkan tidak membeli banyak oleh-oleh. dan waktu 3 hari 2 malam tidak cukup karena masih banyak yang blm kami kunjungi yaitu, Putra Jaya, Sunway lagoon dll. Tentunya dengan budget yang lebih pula jika ingin lebih lengkap mengunjungi KL.