Belum lama ini, We are social dan Hootsuite telah merilis data mengenai perkembangan dunia digital di Indonesia. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya data ini sangat dinanti oleh banyak agency dan brand untuk dipakai sebagai acuan untuk mereka dalam menjalankan strategi digitalnya.
Oke gak perlu berbasa basi kita langsung saja bedah data yang mereka beberkan, Indonesia dengan total populasi yang mencapai 262 juta jiwa ada 132.7 juta yang aktif menggunakan internet, ini berarti  ada peningkatan sebesar 51% jika dibandingkan pada tahun lalu. Tentunya masih didominasi oleh pengguna mobile.
Lalu kita lanjut kepada aktifitas apa yang sering dilakukan pengguna internet di Indonesia. Diurutan pertama banyak pengguna internet menggunakan internet untuk bermain media sosial, lalu pada urutan kedua digunakan untuk mesin pencarian.
Yang menarik untuk data pada tahun 2017 ini adalah, dimana pada tahun lalu BBM menjuarai sebagai platform yang paling sering digunakan digantikan oleh Youtube pada urutan pertama dan disusul oleh Facebook dan Instagram.
Lantas bagaimana dengan industri yang sedang booming saat ini yaitu
ecommerce? Ya we are social juga telah merilis data mengenai bagaimana perkembangan ecommerce di Indonesia. Ternyata angkanya masih sangat kecil, hanya sekitar 9% dari total penduduk mengaku pernah membeli produk secara online, kalau dihitung kurang lebih hanya sebesar 24 jutaan.
Untuk lebih jelasnya langsung aja ditengok ya dari gambar-gambar yang saya upload. Semoga berguna untuk para pembaca kompasiana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Sosbud Selengkapnya