Mohon tunggu...
Reza SatriaPalupi
Reza SatriaPalupi Mohon Tunggu... Konsultan - Marketing and Motorcycle Enthusiast

Aktif bergabung di Komunitas Sportster Indonesia dan juga seorang motorbike enthusiast. Reza memiliki penglaman profesional dalam hal Negosiasi, Strategi Komunikasi & Pemasaran juga Branding di dunia perbankan. Reza mencoba membagikan pengetahuan serta pengalamannya di dunia marketing dan motorbike melalui artikel-artikel pilihan di website pribadinya.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Putusan Reza Satria Palupi Dalam Memilih Channel Digital Online

23 Mei 2019   13:44 Diperbarui: 23 Mei 2019   14:10 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk membuat bisnis online semakin cemerlang maka dibutuhkan channel digital yang mendukungnya. Sebab dengan digital channel online ini maka Anda akan bisa menjadikan bisnis lebih terpasarkan dengan baik di masyarakat. Dengan tujuan yang sama, saya pun tak mau ketinggalan untuk menggunakan channel digital pada bisnis yang sedang saya jalankan. Namun karena saat ini pilihan channel digital ini begitu banyak, maka kita perlu cemat memilih salah satu diantaranya. Nah untuk bisa memilih channel digital yang tepat untuk bisnis, saya Reza Satria Palupi punya beberapa tips untuk Anda. Berikut penjelasannya.

Company Goals

Tips pertama yang perlu dicermati dalam memilih channel digital online adalah company goal. Dalam menjalankan bisnis ini pastinya Anda memiliki tujuan pencapaian perusahaan. Bukan hanya sekedar jargon untuk sukses, tapi tujuan pencapaian perusahaan (company goals) ini sendiri haruslah bersifat jelas dan detail. Mengapa harus demikian? Sebab dengan memiliki company goal yang jelas maka Anda akan bisa lebih terarah dalam mengambil keputusan memilih channel digital yang tepat. Seperti misalnya Anda memiliki company goals yang harus dicapai dalam waktu singkat, maka memilih channel digital iklan atau ads akan jadi pilihan terbaik. Tapi bila Anda ingin mewujudkan company goal yang bersifat jangka panjang dan langgeng, maka pilihan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) akan menjadi opsi yang terbaik untuk Anda.

Company Budget

Selanjutnya, tips memilih channel digital online adalah menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Setiap channel digital online memang memiliki harga yang harus Anda bayar. Nah dari sinilah Anda harus cermat menentukan channel digital online yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Pastikan Anda tidak memilih channel digital online yang memiliki biaya yang melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Iklan atau ads biasanya akan menjadi channel digital online yang memiliki biaya besar bila Anda berencana memilihnya. Sementara itu bagi Anda yang memiliki dana terbatas atau kecil maka memilih channel digital online SEO akan menjadi pilihan yang tepat.

Company Talent

Untuk membuat channel digital online ini berhasil dengan gemilang maka memang Anda membutuhkan talent-talent yang berbakat dan profesional. Selain itu, Anda juga perlu cermat mengamati departemen yang paling optimal untuk mendukung penerapan channel digital online. Seperti misalnya Anda memiliki tim kreatif yang mumpuni, maka channel viral content marketing, display network dan email marketing merupakan pilihan yang tepat. Contoh lain bila Anda memiliki tim developer yang lebih mumpuni, maka channels yang tepat untuk dipilih yaitu SEO, CRO dan viral content marketing. Sementara itu Anda yang memiliki tim yang kuat dalam membangun jaringan, maka social media marketing adalah opsi channel digital yang seharusnya dipilih. Dan untuk tim yang kuat dalam hal analisa data, maka Pay-Per-Click dan SEO adalah opsi channel terbaik untuk dipilih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun