Reyne Raea
Reyne Raea Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Influencer Surabaya

Panggil saya Rey, mom blogger di reyneraea.com

Mengenal Asal Usul Surabaya Melalui Surabaya Heritage Track

11 Januari 2017   14:07 Diperbarui: 11 Januari 2017   14:11 658
Sumber: Dokumentasi pribadi

Minggu 8 Januari kemarin, saya bersama suami mengajak anak kami menikmati liburan yang bermanfaat dan murah di Surabaya yaitu mengikuti tour Surabaya Heritage Track.

Surabaya Heritage Track atau SHT adalah layanan tour berkeliling di beberapa tempat bersejarah di Surabaya dengan menggunakan bis SHT dan di lengkapi tour guide.

Layanan ini GRATIS bagi semua orang, kita bisa daftar melalui websitenya atau datang langsung ke Museum House of Sampoerna dan akan di beri tiket untuk naik bis nya.

Kemarin, kami tidak kebagian tiket di schedulle pagi, yang selama Januari - Februari 2017 rute pagi di gunakan untuk wisata kuliner di daerah Ampel mengenal makanan Arab, China dan India.

Kami akhirnya daftar untuk schedulle siang pukul 13.00 dengan rute mengunjungi Museum Sepuluh November di Tugu Pahlawan dan juga mengunjungi bangunan kokoh nan mewah gedung kantor PTPN XI.

Tepat pukul 13.00, kami pun berangkat. Di sepanjang perjalanan kami di suguhi cerita - cerita sejarah dari berbagai bangunan kuno yang kami lewati.

Mulai dari gedung Internatio yang terkenal erat kaitannya dengan Jembatan Merah, di mana terjadinya pertempuran sengit antara pasukan Inggris dengan tentara Indonesia yang di dukung oleh pasukan Tionghoa yang telah menghuni daerah di sekitar jembatan Merah tersebut. Dan di dekat gedung itulah Brigjend Mallaby tewas kala itu.

Bis terus melaju melewati berbagai bangunan tua penuh sejarah di Surabaya, hingga akhirnya sampailah kami di Tugu Pahlawan.

Setelah kami turun dari bis, sang tour guide nya meminta kami untuk berkumpul sejenak di depan sebuah relief yang ada di area parkir tersebut. Dan mulailah tour guide bercerita, kalau ternyata relief - relief tersebut menceritakan asal muasal Surabaya.

Asal Usul Surabaya

Berawal pada tahun 1292, kaisar Khu Bilai Khan mengutus tentara Tar Tar untuk menguasai kerajaan Singasari yang sudah di kuasai raja Jayakatwang (Raja Kediri), pada akhirnya tentara Tar Tar berhasil di kalahkan dan di usir oleh pasukan Raden Wijaya pada tanggal 31 Mei 1293.