Kadang kamu berpikir gak sih gimana caranya orang, pelaku usaha, atau siapapun bisa nempatin website mereka di urutan pertama dan laman pertama di mesin pencarian?Â
Ternyata bukan karena produk yang ditampilkan dari perusahaan terkenal atau ternama loh, tapi karena ada strategi atau teknik yang disebut SEO dan SEM.
Kedua teknik itu masih awam gak di telinga kalian?
Kalau kamu berpikir bahwa pada zaman sekarang banyak yang sudah tahu mengenai SEO dan SEM, kayaknya kamu salah deh. SEO dan SEM telah berkembang dikalangan pelaku e-commerce di era 4.0 ini. Jadi, ayo bahas mengenai perbedaan SEO dan SEM.
SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran yang biasa digunakan untuk mempromosikan website pada mesin pencarian dengan cara membeli daftar hasil pencarian. Pada SEM, kamu akan diberikan statistik yang dapat menghitung Return of Investment (ROI), berguna untuk menampilkan website kamu pada urutan teratas laman pencarian.Â
Produk SEM
Paid inclusion adalah tawaran berbayar dari mesin pencari yang akan menjamin laman website kamu akan dimasukkan ke dalam index mesin pencarian. Pembayaran dilakukan berdasar pay per click.
Paid placement adalah website kamu akan muncul dalam daftar organik. Semakin tinggi peringkat kamu, maka akan sebanyak kamu membayar biayanya.Â
SEM kerap kali digunakan untuk mempromosikan produk, maka dari itu jika memakai teknik ini akan lebih banyak peluang produk kamu akan muncul pada laman pertama.