Mohon tunggu...
Reynaldi Vahlufi
Reynaldi Vahlufi Mohon Tunggu... Novelis - Pelajar

Tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aku dan Masalahku

13 November 2020   13:12 Diperbarui: 13 November 2020   13:14 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di suatu pagi yang cerah, aku berdiam di bawah pohon yang rindang dengan suara burung yang merdu menghiasi keindahannya dan suasana nya yang indah dengan di sertai angin yang berhembus menenangkan Qolbu. Tetapi, di balik itu semua tersimpan berjuta-juta kegundahan dalam hati.

    Tepat di bawah pohon tersebut aku memikirkan bahwa semua orang itu membenciku, entah apa penyebabnya yang pasti itu membuatku sangat bingung, aku berpikir, aku tidak punya punya teman, aku berjuang sendiri tidak ada orang yang peduli kepadaku, semua orang menjauhiku dan acuh kepadaku.

     Aku mulai benci pada masalah yang selalu datang, tidak ada orang yang peduli padaku, aku jujur bosan menghadapi masalah ini sendirian, setiap hari aku berpikir bagaimana aku bisa menghadapi masalah yang selalu datang sendirian? Dalam hati tiba-tiba berkata"masalah itu tidak akan bisa aku lewati"dalam hati pun aku beranggapan"aku pasti bisa Allah with me, aku bisa menghadapi nya"

     Setiap hari aku berdoa di saat malam menutupi siang, di saat rembulan mulai memancarkan sinarnya tepatnya pada saat 1/3 malamku aku bertanya kepada Allah... "Ya Allah apakah aku bisa melewati nya" mungkin Allah menjawab nya dalam al qur'an"bahwa Allah tidak akan membebani seseorang melainkan atas kesanggupan nya di situ aku mulai berpikir dan mengubah jalan pikiran ku bahwa"aku tidak melewati masalah ini sendirian Allah with me, Allah with me, Allah with" aku coba mengulang-ngulang perkataan itu dan aku berdoa"allahumma yasir wala tu'asir"..ya allah permudah kan lah segala urusanku..

Hari demi hari mulai berjalan seperti biasa nya,aku pun mulai melakukan seluruh kegiatan ku seperti biasa nya,namun memang yang namanya hidup tidak terlepas dari masalah ada saja, masalah yg menimpa aku,mulai dri teman teman lah,keluarga lah dan organisasi...

Setiap masalah aku lewati sendiri tidak banyak orang tau tentang diriku sebab aku tidak suka menceritakan tentang diriku kepada orang lain apalagi menceritakan masalah ku,aku takut jika aku menceritakan masalahku kepada orang lain sebab bisa jadi orang tempat aku cerita menceritakan nya kepada orang lain lagi,memang tidak semua orang seperti itu tapi kebanyakan orang yang aku temui seperti itu...

Namun,aku bertemu dengan seorang teman yang aku percaya dia dapat nerima keluh kesah masalah ku ,dia membantu aku menyelesaikan masalah ku dia selalu mensupport ku sehingga aku mulai terbiasa dengan masalah yang ada..

Mulai saat itu aku menghabis kan bersama dia bermain seharian sambil berbincang dengan nya,aku bertanya meminta solusi kepada nya,dia bernama setia....

Aku bertanya kepada dia"bagaimana cara menyelesaikan masalah ku bersama teman teman ku,setia?"

Setia menjawab"yah kalau kamu ingin menyelesaikan masalah mu dengan teman teman mu coba km pahami dulu wataknya satu per satu,nah kalau sudah tau baru lah kamu ber tabayyun kepada mereka"

Aku menjawab"oh baik lah kalau gitu akan ku coba"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun