Mohon tunggu...
Revi Alvira
Revi Alvira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Hallooo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Pembelajaran Sekolah Islam Terpadu: Dimensi, Fokus, dan Karakteristik Pengembangan Pembelajaran

12 November 2024   08:23 Diperbarui: 12 November 2024   08:47 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh Revi Alvira Nurmalasari/ Mahasiswa MPI/S1 Sekolah Islam Terpadu/ UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sekolah Islam Terpadu didalamnya terdapat pengembangan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran tersebut diantaranya memiliki dimensi-dimensi pengembangan pembelajaran. Yang memiliki fokus perhatian pembelajaran terpadu. Tentunya memiliki karakteristik pengembangan pembelajaran terpadu. Berikut beberapa poin yang membahas dimensi, fokus dan karakteristik pembelajaran :

Pertama : Dimensi- dimensi Pengembangan Pembelajaran. Istilah pengembangan pembelajaran mecakup dimensi yang sangat luas, yakni terdapat 9 dimensi. Diantaranya signifikasi, fasibilitas, relevansi, kepastian, ketelitian, adaptabilitas, waktu, monitoring dan isi pembelajaran.

Kedua : Fokus Perhatian Pengembangan Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran terpadu menekankan pada proses yang dilalui siswa untuk memahami isi materi dengan lebih mendalam. Pendekatan ini menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sehingga siswa dapat melihat hubungan antara mata pelajaran dan dunia nyata yang relevan dengan kehidupan mereka, sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangan mereka. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara bersamaan, dengan cara menghubungkan berbagai konsep dari beragam pelajaran agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif.

Ketiga  : Karakterstik Pengebangan Pembelajaran Terpadu. Dalam pembelajaran terpadu ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Seperti pembelajaran berpusat pada siswa (student centered), pembelajaran terpadu memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences), menyajikan beberapa konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran, pembelajaran bersifat luwes (fleksibel), dan hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

Pengembangan pembelajaran di Sekolah Islam Terpadu mencakup pendekatan terpadu yang memperhatikan berbagai dimensi penting, seperti relevansi dan fleksibilitas. Fokusnya adalah memberikan pemahaman mendalam melalui integrasi mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata. Karakteristik pembelajaran ini meliputi pendekatan berpusat pada siswa, pengalaman langsung, dan hasil yang dapat berkembang sesuai minat mereka, sehingga mendukung pembelajaran yang efektif dan menyeluruh.

Tulisan ini disajikan dari Modul Ajar Sekolah Islam Terpadu Part 6. Prof. A. Rusdiana, M.M. (https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100464)

Revi Alira Nurmalasari ; Lahir di Sumedang, tanggal 07 Maret 2004. Alamat tempat tinggal di Nanjungjaya, RT. 02 RW 07 Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat Indonesia. Tlp/HP 081573183854. E-mail : revialviraa@gmail.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun