Mohon tunggu...
Revi Alvira
Revi Alvira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Hallooo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sekolah Islam Terpadu, Ruang Lingkup Sistem Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu (SIT)

5 November 2024   15:15 Diperbarui: 5 November 2024   15:30 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sekolah Islam Terpadu : 

Ruang Lingkup Sistem Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu (SIT)

 

Sekolah Islam Terpadu (SIT) adalah lembaga pendidikan yang menerapkan konsep-konsep pendidikan berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Tujuannya adalah membimbing peserta didik untuk menjadi individu yang bertakwa, cerdas, berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan yang bermanfaat dan memberikan maslahat bagi umat manusia. Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu mencakup berbagai aspek yang mendukung pencapaian tujuan tersebut.

Pertama : Sistem Manajemen/Pengelolaan Sekolah ; Menurut Immagent dan Pilecki, terdapat dua tipe dasar sistem dalam pengelolaan sekolah, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem terbuka berinteraksi dengan lingkungan melalui pertukaran materi dan energi, sementara sistem tertutup berdiri sendiri dan tidak terpengaruh oleh sistem lain atau lingkungan di sekitarnya. Dengan kata lain, sistem terbuka saling berhubungan dengan lingkungan, sementara sistem tertutup tidak memiliki hubungan dengan lingkungan.

Kedua : Proses Penyelenggaraan Sekolah Islam Terpadu ; adalah strategi manajemen sekolah dalam mengelola berbagai masukan untuk mencapai tujuan atau output yang telah ditetapkan. Menurut Slamet, "proses adalah perubahan dari suatu kondisi menjadi kondisi yang lain, di mana hal-hal yang mempengaruhi perubahan tersebut disebut sebagai input."

Ketiga : Pengelolaan Program di Sekolah Islam Terpadu (SIT) ; mengadopsi pendekatan pendidikan holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, sesuai dengan teori multiple intelligences dari Howard Gardner. Pengelolaan ini meliputi perencanaan dan pengembangan program, kurikulum, proses belajar-mengajar, sumber daya manusia, fasilitas, keuangan, hubungan sekolah-masyarakat, serta evaluasi dan perbaikan program. Output sekolah diukur tidak hanya berdasarkan jumlah lulusan, tetapi juga kompetensi siswa dan kinerja sekolah, termasuk efektivitas, kualitas, produktivitas, efisiensi, inovasi, serta moral dan kehidupan kerja di sekolah.

Dengan demikian, Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) bertujuan membentuk individu bertakwa, cerdas, dan berakhlak mulia melalui sistem manajemen terbuka, proses penyelenggaraan yang sistematis, dan program pendidikan holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik. Dengan pendekatan ini, SIT menghasilkan lulusan yang kompeten dan menjaga kinerja sekolah yang efektif, inovatif, serta memiliki hubungan baik dengan masyarakat.

Sumber : Modul Ajar Sekolah Islam Terpadu Prof. A. Rusdiana, M.M. (https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100464)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun