Motto Lazada adalah belanja tidak ribet, ternyata tidak sesuai dengan kenyataanya. Apalagi setelah menyangkut pembatalan order. Sebenarnya pembatalan order adalah hal yang disediakan oleh toko online. Pembatalan order bisa dilakukan oleh pembeli online, dan pembatalan order menjadi hal yang "luar biasa" apabila yang membatalkan pihak toko online. Seperti kejadian yang sempat dialami oleh penulis beberapa hari yang lalu.Â
Kronologisnya seperti ini, pada tanggal 30 Maret 2018 memesan order, dan terverifikasi dan mendapat nomor pesanan no :200433858606501 selanjutnya, penulis mendapatkan notifikasi via email untuk melakukan pembayaran pesanan. Karena pembayaran harus transfer maka lewat notifikasi email diberi virtual account untuk transfer :3905210750003517Â
Sesuai nomor virtual account tersebut penulis melakukan tranfer, dan terverifikasi. Setelah proses ini selesai, tinggal menunggu pengiriman pesanan, estimasi seharusnya pesanan penulis akan diterima antara 1 April 2018 sampai dengan 8 April 2018Â
Pada tanggal 5 April 2018 penulis mengecek peeanan dengan chat dengan cs lazada yang bernama rulkaiyah. dari beberapa pertanyaan yang diajukan maka ada catatan chat yang ditindaklanjuti dengan nomor laporan (tiket)#10740141
sehari kemudian penulis melakukan chat lagi dan ditanggapi oleh enggal purwasari, dan jawaban hampir sama, dimohon menunggu.
Dan tanggal 7 April 2018 order penulis dibatalkan Oleh pihak Lazada, berikut salah satu chat penulis,
Case 10740141: Live Chat with nursuhadi
Chat transcript:
Visitor: bagaimana perkembangan pesanan saya sejauh ini.
Visitor: 200433858606501 nomor order pesanan saya.
rulkaiyah: Hai Kak Nursuhadi, selamat datang di Live Chat Lazada.co.idÂ
Saya Rulkaiyah, ada yang bisa yang kami bantu?
rulkaiyah: Baik. Untuk verifikasi, tolong sebutkan metode pembayaran dan alamat pengirimannya ya
Visitor: transfer virtual account
Visitor: alamat : jl imogiri timur km:5 demen rt.03 jati sriharjo imogiri bantul yk kode pos. 55782
rulkaiyah:
Baik. Mohon tunggu 1 menit ya, Kak. Kami cek dulu pesananannya
rulkaiyah: terima kasih telah menunggu
rulkaiyah: untuk produk Huawei Honor 7X - RAM 4GB - ROM 64GB - BARU - ORIGINAL ya Kakak?
Visitor: iya
Visitor: lead time pengiriman sampai besuk pagi. dan stastus dalam tracking dalam proses. sebenarnya bagaimana permasalahnya?
rulkaiyah: untuk pesanan Kakak akan kami tindak lanjuti ke pihak terkait ya
jika sudah ada jawaban dari tim terkait, akan kami informasikan kembali melalui email Kakak Nursuhadi
Visitor: pesanan saya yang lain, notifikasinya jelas.
rulkaiyah: baik Kakak kami tindak lanjuti terlebih dahulu ya
Visitor: seandainya ada masalah, dan pesanan tak terpenuhi adakah kompensasi dari kasus tersebut?
Visitor: seandainya saja transaksi digagalkan bukan dari pihak saya.
rulkaiyah: mohon maaf ya Kakak namun saat ini kami tindak lanjuti terlebih dahulu ke tim terkait ya
Visitor: hmm, bagaimana dengan kompensasi yang saya tanyakan? apakah ada dalam kasus ini?
Visitor: sepertinya pesanan saya ini akan berakhir dan tak seperti harapan.
Visitor: sampai kapan saya mendapatkan kejelasan dari pihak terkait yang dimaksudkan?
rulkaiyah: mohon maaf Kakak untuk kompensasinya belum ada ya namun kami tindak lanjuti terlebih dahulu Kakak
Visitor: tindak lanjutnya seperti apa?
Visitor: seharusnya, dari saya pesan dan kemudian saya lakukan pembayaran, sudah dimonitor kan? hampir seminggu lho mbak admin ini.
rulkaiyah: tindak lanjut ke pihak seller ya Kakak
Visitor: kalau memang pesanan saya tak bisa dipenuhi, mengapa tak secepatnya dikabarkan. kemudian, item pesanan saya tak bisa diakses sejak kemaren, dihapus kayaknya dari sistem lazada.
rulkaiyah: baik Kakak namun untuk kejelasan pesanan Kakak kami tindak lanjuti terlebih dahulu ya
Visitor: silahkan. dan saya tunggu kabar kejelasan dari transaksi hari ini.
rulkaiyah: baik Kakak Nursuhadi
Visitor: kalau memang transaksi malfungsi, saya harap lazada membatalkan transaksi. sebagai bentuk tanggungjawab penyedia layanan.
Visitor: dan memberikan kompensasi kompensasi dari hal tsb.
rulkaiyah: mohon maaf ya Kakak namun untuk kompensasinya saat ini belum ada dan kami tindak lanjuti ke pihak seller ya
Visitor: ya. dan sampaikan hal tsb kepada seller, seandainya transaksi terjadi malfungsi.
Visitor: maka pihak seller bertanggungjawab terkait dengan batalnya sebuah kesepakatan transaksi yang dibuat.
rulkaiyah: untuk perihal seller akan kami jadikan bahan evaluasi ya Kakak
Visitor: ok.
Visitor: mohon segera selesaikan masalah ini admin. jangan sampai kepercayaan pelangan kepada lazada akan hilang karena kasus seperti ini.
rulkaiyah: baik Kakak Nursuhadi
rulkaiyah: Ada lagi yang dapat kami bantu?
Visitor: ya, segeralah memberi jawaban kelanjutan transaksi ini, apakah berlanjut atau dibatalkan karena seauatu hal.
Visitor: terima kasih.
rulkaiyah: terima kasih kembali Kakak
rulkaiyah: Jika tidak ada lagi yang dapat kami bantu, kami ijin mengakhiri chat ya Kak
Selamat beraktivitas kembali Kak
Hormat Kami,
Rulkaiya | Customer Service Associate | Lazada.co.idsuplier pesanan penulis adalah https://www.lazada.co.id/shop/hamkashopp213?spm=a2o4j.order_details.0.0.b0bb6664szSlyK