Mohon tunggu...
Retro on Coffee
Retro on Coffee Mohon Tunggu... Freelancer - Bisnis Kedai Kopi

Tempat ngopi dengan cozy di Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kedai Kopi Menjadi Bisnis Menjanjikan di Zaman Now

19 Februari 2020   14:56 Diperbarui: 19 Februari 2020   15:25 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Sejak dulu hingga sekarang, minuman yang satu ini selalu menjadi primadona. Para penikmat kopi di Indonesia pun semakin hari semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee shop di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Minum kopi kini tidak hanya identik dengan kegiatan yang dilakukan oleh kaum 'bapak' saja, anak muda pun menjadikan kegiatan minum kopi sebagai sebuah lifestyle dan sebagai sarana menunjukkan eksistensi mereka.

Bella, salah seorang barista disalah satu kedai kopi di Bekasi bernama Retro on Coffee bercerita bahwa dirinya memiliki pelanggan setia yang setiap harinya selalu menyempatkan untuk mampir ke kedai kopi tempatnya bekerja. Sambil menikmati kopi,  pelanggan setianya itu akan membuka laptop untuk menyelesaikan pekerjaan kantornya yang belum rampung.

"Biasanya sih dateng ke Retro on Coffee itu, selain nyari kopinya, emang nyari suasana. Nggak tau deh, suasana di sini tuh bikin produktif aja, jadi gampang dapet inspirasi." ujar Rialdy, pelanggan setia di Retro on Coffee.

Banyak juga pelanggan yang singgah ke kedai kopi untuk sekadar berkumpul atau duduk-duduk cantik sekalian meng-update sosial media mereka. "Biasanya yang suka update foto sosmed tuh posenya beragam. Ada yang selfie sambil pegang cangkir kopi, ada yang candid juga sambil duduk santai meminum kopi di pojok kedai." Tutur Bella.

"Mungkin karena banyak mobil retro juga kali yaa di sini, jadi unik gitu." Tambah Bella. Seperti yang sudah dilakukan oleh Retro on Coffee (RoC). RoC yang mengusung konsep 'retro', menjadikan kedai tersebut ramai, tak jarang juga orang datang sekadar untuk berfoto ria. Inovasi dalam pilihan menu yang disajikan pun dapat mempengaruhi kesuksesan kedai kopi tersebut.

Melihat dari banyaknya orang yang menjadikan minum kopi di kedai sebagai lifestyle, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang memiliki prospek yang baik ke depannya. Kini para pebisnis hanya perlu menginovasikan konsep kedai kopi yang unik agar dapat menarik para konsumen, sehingga mampu bersaing di dalam bisnis ini.

Saat ini kopi dapat disajikan dengan campuran berbagai bahan-bahan lain, seperti susu segar, buah alpukat, dan lain-lain. Kualitas dari kopi yang disajikan pun dapat memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan kedai kopi tersebut. Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, memiliki banyak jenis kopi yang ditanam di berbagai daerah di seluruh penjuru tanah air.

Penulis : Heri Kurniawan

Editor    : Farhan Fadhil Muhammad

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun