Mohon tunggu...
Retno Tresna
Retno Tresna Mohon Tunggu... -

Seorang yang selalu belajar mengambil hikmah kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kursor oh Kursor...di Mana Engkau?

12 Juni 2013   20:41 Diperbarui: 4 April 2017   17:36 24557
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Aku baru saja terkena musibah. Laptop yang aku gunakan selama 4 tahun terakhir tanpa pertanda apapun tiba-tiba mati begitu saja. Mungkin karena aku yang gaptek alias gagap teknologi sehingga tidak bisa membaca tanda-tanda kerusakan laptop, atau memang laptop tersebut yang sudah tua. Karena dari informasi yang aku dengar, banyak yang bilang masa hidup laptop sekarang rata-rata adalah 4 tahun. Jadi bila laptop anda sudah mendekati 4 tahun penggunaannya, maka bersiaplah. Karena sebentar lagi akan mati.

Begitu pun dengan laptopku. Sudah diperiksa kesana dan kemari, semua bilang sudah tidak ada harapan hidup. Maka jalan terbaik yang harus aku lakukan adalah menyelamatkan data yang ada dan segera move on, mencari laptop baru sebagai pengganti.

Aku pun segera menemukan penggantinya. Kali ini aku berusaha mencari yang lebih baik dari yang sebelumnya. Dilengkapi dengan OS terbaru, Windows 8. Semua yang namanya baru, pasti ada masa adaptasi. Begitu pula aku dengan laptop baru ini. Aku sering dibuat bingung dengan segala keanehannya. Hal ini disebabkan aku belum terlalu mengenal laptop ini dengan segala kecanggihannya.

Pernah suatu kali, saat aku menyalakan, monitornya gelap saja. Tidak ada tanda-tanda kehidupan. Padahal tombol power menyala, yang artinya laptop dalam keadaan hidup. Aku benar-benar dibuat bingung. Segera aku menghubungi teman yang mengerti laptop. Bolak balik laptop ini dimatikan dan dinyalakan, masih seperti itu kondisinya. Lalu temanku berusaha memencet semua tombol yang ada di keyboard laptop. Tadaaa.. tiba-tiba dia menyala. Aku pun terkejut. Setelah diselidiki, ternyata Hardisk-nya dalam kondisi Sleep, alias tidak bekerja.Hal ini disebabkan tanpa sengaja (mungkin) aku memencet tombol Fn + F12 yaitu tombol untuk meng-non aktifkan fungsi Hardisk. Sehingga walaupun laptop sudah dihidupkan, di monitor tetap dalam keadaan mati.

Ada kejadian membingungkan lainnya. Waktu itu tiba-tiba saja tampilan krusor yang berbentuk tanda panah lenyap. Tentu saja aku tidak bisa menggunakan laptop tanpa krusor. Waktu itu sudah malam, jadi aku pikir mungkin eror karena terlalu lama dipakai. Akhirnya laptop aku matikan dengan menekan tombol power.

Keesokan harinya aku pikir sudah sembuh. Ternyata aku salah. Krusor masih hilang. Karena bingung akhirnya aku googling mencari informasi tentang hal ini. Menurut informasi, krusor hilang sering terjadi pada Windows 8, maka solusi pertama dan paling mudah adalah menggunakan mouse. Kebetulan aku bukan pengguna mouse. Segera aku pasang mouse, dan syukurlah krusor tersebut muncul.

Namun aku masih belum puas, menurut informasi kemungkinan adalah software-nya. Langkahnya adalah aku menginstal ulang software touchpad. Bagiku yang awam dan gaptek, melakukan hal tersebut sangat riskan. Bukan solusi yang aku peroleh, malah masalah baru yang ada nantinya. Aku terus melakukan googling. Sampai aku temukan satu solusi yang sangat menarik.

Aha. Ternyata lagi-lagi masalah tombol Fn dan F1 – F12. Kali ini aku tanpa sengaja memencet Fn + F1 yang berfungsi sebagai tombol non aktif touchpad. Aku memang sering menekan tombol Fn + F2 yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan suara, atau Fn + F3/F4 yang berfungsi untuk meninggikan dan merendahkan volume.

Sebelumnya, di laptopku yang lama, tombol suara ada di F10 – F12, dan sepertinya tidak ada tombol untuk meng-non aktif-kan touchpad atau pun hardisk. Ah.. benar-benar harus berkenalan lebih jauh dengan kecanggihan teknologi laptop yang baru ini. Atau akan terus dibuat terkejut dan bingung seperti kemarin.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun